3 Langkah Mudah Enable Trim di SSD Samsung EVO Tanpa Aplikasi

Helo teman – teman ikirangga, jumpa lagi dengan meisy eh ikirangga di sini :D.  Laptop yang digunakan ikirangga adalah macbook pro early 2011 jadi untuk meningkatkan performa pembacaan data dan enak untuk edit – edit maka ikirangga melakukan upgrade untuk sisi storage terlebih dahulu, bagaimana dengan RAM? Harus nabung dulu, semangat……

Seperti yang kita ketahui bahwa untuk SSD itu wajib mengaktifkan fitur trim yang ada bersamanya. Kebetulan yang kita gunakan adalah SSD Samsung EVO 850 256 GB. Mengapa saya pilih ini? Menurut para reviewer dari luar negeri alias orang bule, jenis ini bandel dan sudah support untuk trim karena katanya ada beberapa SSD yang belum support trim. Bagaimana cara mengaktifkan trim tanpa aplikasi?

Langkah untuk enable trim

  1. Buka apliksi terminal yang ada di macOS.
  2. Lalu tuliskan command di bawah ini terminal untuk melakukan aktivasi trim di SSD. 
  3. Klik enter lalu tunggu hingga terdapat command finish.

Nah teman – teman itu adalah langkah untuk mengaktifkan trim di SSD Samsung EVO 850 secara mudah dan tanpa perlu aplikasi tambahan. Hanya 3 langkah saja yang harus kita lakukan.

Terima kasih telah berkunjung di blog ikirangga, jika ingin lebih dekat dan lebih update bisa follow kita di Facebook Fan Page di ikiranggadotcom. Semoga Informasi yang telah kami sampaikan bermanfaat, bisa share untuk teman – teman yang belum tahu informasi ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *