Home Ikirangga Tutorial 3 Langkah Mudah Enable Allow Apps From Anywhere macOS

3 Langkah Mudah Enable Allow Apps From Anywhere macOS

Masih ingatkah dengan dengan kata – kata Macintosh? Ya itu adalah nama sistem operasi Apple sebelum berubah menjadi Mac OSX dan kemudian menjadi macOS. Oya teman – teman di jaman sebelum negara api menyerang 😉 eh di jaman ketika masih menggunakan Leopard, Snow Leopard, Lion dan sebelumnya salah satu fitur yang selalu setia menemani pengguna Mac OSX. Apakah nama fitur ini? Ya benar, fitur “Allow Apps Download From Anywhere“. Nah fungsi Anywhere ini yang tidak tersedia untuk macOS yang terbaru.

Fitur yang disembunyikan dan bukan dihilangkan oleh Apple ketika melakukan update ke macOS Sierra hingga macOS terbaru. Ikirangga juga tidak tahu apa alasan dari disembunyikannya fitur ini. Apakah supaya penggunannya lebih tertib ketika ada aplikasi yang tidak terdaftar di database mereka maka tidak boleh diinstall. Ini hanyalah sebuah anggapan saja ya karena jika menggunakan aplikasi yang tidak dikenal maka akan berakibat buruk bagi macOS kita.

Sebenarnya ada cara untuk mengaktifkan atau menampakkan kembali fitur yang telah disembunyikan tersebut dengan bantuan sebuah perintah yang kita gunakan menggunakan terminal. Perintah yang akan kita gunakan ini sangat pendek tetapi sangat efektif untuk mengaktifkan opsi “Anywhere”.

3 Langkah Mudah “Enable Allow Apps From Anywhere” macOS

  1. Buka Setting lalu selanjutnya pilih Security and Privacy, kita akan melihat bahwa pilihan Anywhere tidak hadir secara default untuk macOS Sierra ke atas.
  2. Selanjutnya kita bisa membuka terminal dan menuliskan perintah ini sudo spctl --master-disable ke terminal.
  3. Tekan Enter lalu kita diwajibkan untuk memasukkan password sebagai syarat untuk otorisasi perintah yang kita tuliskan di terminal tadi.

Nah sekarang coba buka pada langkah satu yaitu di System Preference > Security and Privacy, apakah terjadi perubahan pada menu yang tadinya kita lihat di langkah 1? Wah ternyata terdapat tambahan yaitu Anywhere di sana. Berarti langkah – langkah yang teman – teman ikuti dari blog ikirangga sudah berhasil dan sekarang teman – teman bisa melakukan install aplikasi yang berasal dari developer yang bukan terdaftar di Apple ya.

Yang perlu diingat adalah walaupun fitur Anywhere sudah terbuka, bukan menjadi alasan bagi teman – teman untuk menggunakan aplikasi bajakan ya. Sebisa mungkin untuk menggunakan aplikasi yang dibeli dari developer resmi.

Terima kasih telah berkunjung di blog ikirangga, jika ingin lebih dekat dan lebih update bisa follow kita di Facebook Fan Page di ikiranggadotcom. Semoga Informasi yang telah kami sampaikan bermanfaat, bisa share untuk teman – teman yang belum tahu informasi ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here