Home Ikirangga Tutorial Blogging 2 Plugin Yang Berguna Untuk Pengguna WordPress 5.0.3

2 Plugin Yang Berguna Untuk Pengguna WordPress 5.0.3

16
0

Sejak WordPress melakukan update di WordPress 4.xx ada fitur yang dihilangkan, salah satunya adalah fungsi justify. Menurut ikirangga pribadi, fitur ini sangat berguna untuk penulisan blog dan membuat rapi tulisan. Ikirangga juga bingung waktu melakukan update tersebut dan tidak lagi menemukan fitur justify di wordpress. Bagaimana ya supaya tulisan ini jadi rapi lagi? Apakah harus melakukan edit via text mode dengan menambahkan kode html? Repot sekali sepertinya ya teman – teman.

Sekarang WordPress sudah melakukan update menjadi WordPress 5.0.3 dengan kode Gutenberg. Wah makin bingung lagi karena editor yang biasanya dipakai untuk menulis kini telah berubah menjadi Gutenberg editor. Tata letak menu juga telah berubah serta pilih – pilihan fitur juga berubah lalu apa yang tidak berubah? Fitur Justify tetap tidak ditemukan di editor yang baru ini.

1. Re-add text underline and justify

Plugin yang pertama yang berguna adalah Re-add text underline and justify. Dengan menggunakan plugin ini kita bisa memunculkan kembali fitur justify dan underline di editor yang kita pakai yang sebelumnya sudah di non-aktifkan oleh WordPress.

Selain bisa kita gunakan di WordPress 4.9.9 jika kita belum melakukan update ke Worpress 5.0.3. Bagaimana dengan yang sudah melakukan update versi WordPress? Tenang, kita masih bisa menggunakan plugin ini tapi yang perlu diingat untuk menggunakan plugin ini di WordPress 5.0.3, kita wajib menginstall plugin Classic editor terlebih dahulu.

2. Classic Editor

Nah ini dia plugin yang tadi sudah kita singgung sedikit di pembahasan pada plugin pertama. Plugin ini bernama Classic Editor yang mempunyai fungsi untuk mempermudah kita ketika menulis blog walaupun telah melakukan update WordPress 5.0.3 serta masih bisa menggunakan plugin untuk Justify.

Bukan tanpa alasan WordPress melakukan update menjadi Gutenberg editor, oleh karena itu kita harus terbiasa menggunakan plugin tersebut. Untuk yang masih kaku menggunakannya bisa menggunakan classic editor.

Itu adalah 2 plugin yang menurut ikirangga sangat berguna untuk pengguna WordPress yang sudah update menjadi WordPress 5.0.3.

Terima kasih telah berkunjung di blog ikirangga, jika ingin lebih dekat dan lebih update bisa follow kita di Facebook Fan Page di ikiranggadotcom. Semoga Informasi yang telah kami sampaikan bermanfaat, bisa share untuk teman – teman yang belum tahu informasi ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here