Home Ikirangga Tutorial Blogging 2 Langkah Mudah Membuat Blog di WordPress Bagi Pemula

2 Langkah Mudah Membuat Blog di WordPress Bagi Pemula

membuat blog di wordpress

Setelah sebelumnya ikirangga membahas tentang cara membuat blog di blogger yang merupakan platform blog gratis yang disediakan oleh google. Apakah ada platfom lain yang bisa gunakan untuk menyalurkan hobi kita untuk menulis dan memberi manfaat bagi orang lain? Ada platform lain yang bernama WordPress yang bersifat open source.

Yang perlu diingat bahwa wordpress ada 2 jenis yaitu wordpress.com dan wordpress.org. Lalu apa bedanya antara keduanya? WordPress.com merupakan produk gratis yang disediakan oleh wordpress jadi di dalamnya sudah ada sub domain dan hosting disediakan gratis oleh wordpress. Apa kekurangan dari tipe ini? Kita tidak punya kendali penuh terhadap hosting yang diberikan gratis oleh wordpress dan kita tidak bisa mendaftarkan adsense untuk wordpress.com ini.

Bagaimana dengan WordPress.org? Nah untuk wordpress.org ini kita bisa menggunakan secara gratis juga tapi kita membutuhkan domain dan hosting yang harus kita sewa dari penyedia hosting dan domain seperti dewa web. Dengan menggunakan hosting dan domain yang berbayar kita mempunyai kendali penuh terhadap blog kita dan bisa menggunakan domain yang kita sukai. Apa saja fitur – fitur yang di tawarkan oleh wordpress kepada kita sebagai pengguna sehingga memudahkan dalam penggunaannya?

  • Post section, di bagian ini kita bisa melakukan posting artikel yang kita inginkan sehingga nantinya bisa dipublish dan dilihat semua orang.
  • Pages section, pada bagian ini kita mengatur halaman – halaman yang bukan termasuk dalam artikel, misalnya about me, about us, privacy policy, disclaimer, author dan halaman – halaman lain yang teman – teman bisa gunakan di pages section ini.
  • Media section, dibagian ini media seperti photo bisa kita telah kita upload untuk menunjang posting – posting yang telah kita publish akan terkumpul di sini.
  • Comments section, nah jika ada pengunjung yang melakukan komen di semua postingan kita maka kita bisa memantau di sini, bisa membalas pesan di sini ataupun menghapus jika komen tersebut tidak pantas untuk ditampilkan di blog kita.
  • Appearance, di bagian ini kita bisa melakukan pengaturan untuk tema atau theme untuk blog wordpress kita, seperti mengubah warna, menambah logo, install theme dan hal – hal yang berhubungan dengan tampilan.
  • Plugins, salah satu kelebihan wordpress kita bisa menggunakan plugin untuk menunjang kerja dari wordpress seperti plugin untuk memasang adsense atau iklan yang lain, plugin yoast seo, dan lain.
  • Users, ini berguna untuk manajemen user – user yang mengelola blog yang kita buat, misal blog ikirangga ini dikelola oleh 3 orang maka kita bisa membuat user 2 orang lain sebagai contributor untuk blog ikirangga ini.
  • Settings, seperti halnya blogger, ini adalah tempat melakukan pengaturan seperti jumlah postingan di home page, dan lain – lain.

2 Langkah Mudah Membuat Blog WordPress

A. Membeli domain dan hosting serta install wordpress

  1. Beli terlebih dahulu domain dan hosting di penyedia hosting dan domain yang ada di negara kita ini, salah satunya dewa web. teman – teman bisa pilih salah satu paket yang ada di sana.
  2. Setelah selesai membeli domain dan hosting, teman – teman bisa langsung menuju ke Cpanel untuk melakukan install WordPress ke hosting yang sudah kita beli tadi melalui menu user di dewa web.
  3. Setelah berada di Cpanel, teman – teman bisa langsung menuju ke menu Softaculous Apps Installer yang berada di bagian paling bawah dari menu – menu yang ada di Cpanel.
  4. Teman Рteman bisa melakukan installasi WordPress dengan memilih icon WordPress yang ada di Softaculous Apps Installer. Nanti kita akan di arahkan ke menu untuk memilih domain mana yang akan kita gunakan dan untuk diinstall WordPress.
  5. Setelah melakukan setting untuk install wordpress, teman Рteman bisa melakukan install wordpress dengan klik tombol install. 

B. Memulai sebuah posting di wordpress

Setelah selesai kita melakukan installasi wordpress pada langkah A maka sekarang waktunya kita melakukan posting untuk di wordpress.

  1. Kita bisa akses alamat untuk admin bisa mengakses dashboard WordPress dengan alamat https://domainkamu.com/wp-admin, contoh https://contoh.ikirangga.com/wp-admin dan teman – teman akan dihadapkan pada halaman login, masukkan user name serta password yang telah dibuat pada langkah A.
  2. Sekarang teman – teman sudah masuk ke halaman dashboard dari wordpress tadi dan sekarang bisa menuju ke menu Post.
  3. Pilih Add New maka teman – teman akan dibawa ke halaman tempat kita membuat sebuah posting artikel. Oya ini saya menggunakan worpress 5.1 dengan editor Gutenberg, jika teman – teman belum terbiasa bisa menggunakan plugin yang berguna untuk pengguna wordpress 5.XX.
  4. Setelah selesai membuat sebuah artikel (termasuk di dalamnya setelah melakukan setting untu kategori tulisan, misal artikel yang teman – teman buat masuk dalam kategori dunia anak), teman – teman bisa langsung melakukan publish dengan cara klik menu publish.

Teman – teman sudah lihat kan ada 2 langkah yang harus kita lakukan ketika ingin membuat wordpress dengan menggunakan self-hosting, mulai dari membeli domain dan hosting, installasi wordpress di domain dan hosting hingga melakukan akses terhadap dashboard wordpress tersebut untuk membuat sebuah artikel yang nanti dipublish ke umum untuk dibaca.

Terima kasih telah berkunjung di blog ikirangga, jika ingin lebih dekat dan lebih update bisa follow kita di Facebook Fan Page di ikiranggadotcom. Semoga Informasi yang telah kami sampaikan bermanfaat, bisa share untuk teman – teman yang belum tahu informasi ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here