Home Ikirangga Tutorial 2 Langkah Mudah Backup Imei Dengan NV-items reader writer

2 Langkah Mudah Backup Imei Dengan NV-items reader writer

Setelah sebelumnya kita telah membahas tentang modem ZTE MF90 keluaran dari perusahaan Bolt (Perusahaannya sekarang sudah tutup ya) yaitu install beeline firmware di modem ZTE MF90 beberapa waktu lalu tepatnya di tahun 2019. Di salah satu langkah yang ikirangga share ada kata backup imei dengan menggunakan NV-items reader writer. Ada salah satu sahabat ikirangga yang bertanya, bagaimana cara melakukan langkah untuk backup imei mode ZTE MF90 ini?

Sebelumnya kita akan bahas terlebih dahulu bahas apakah nomer IMEI itu? IMEI adalah International Mobile Equipment Identity atau bisa dibilang “KTP”nya modem atau smartphone. Nomer IMEI ini biasanya terdiri dari 15 atau 16 digit angka dan jika kita memeriksa nomer IMEI ini akan keliatan model modem atau smartphone kita.

A. Mengaktifkan Modem Diagnostic Port menggunakan DC-Unlocker

  1. Cek terlebih dahulu Modem Diagnostic Port di Device Manager apakah sudah aktifk, jika sudah aktif maka langkah ini bisa dilewatkan, jika belum aktif maka langkah ini akan berlanjut.
  2. Jika belum aktif maka kita aktifkan dengan menggunakan DC-Unlocker yang bisa dapatkan di sini ya dan jika teman – teman butuh driver untuk ZTE MF90
  3. Buka aplikasi DC Unlocker lalu pilih manufaktur ZTE Modem dan klik tanda kaca pembesar.
  4. Setelah itu teman – teman akan ditampilkan 2 port dan salah satunya adalah Modem Diagnostic Port.
  5. Periksa kembali Device Manager, untuk melihat Modem Diagnostic Port. Setelah tampak di sana maka langkah pertama ini berhasil teman – teman lakukan. dan bisa lanjut ke langkah berikutnya untuk backup menggunakan NV-items reader writer

B. Backup menggunakan NV-items reader writer

  1. Yang pertama kita harus klik “port”  dan masukkan port yang terdeteksi sebagai Modem Diagnostic Port ZTE MF90 pada bagian pada pojok kiri.
  2. Harus dipastikan bahwa masing – masing kotak telah tercentang tanda ceklist.
  3. Setelah selesai pada langkah 1 dan langkah 2, Klik “Connect” pada sisi atas top bar. Akan terlihat tulisan Connected to COM port successfully.
  4. Kita harus melakukan klik “Read” pada sisi top bar dan klik “Read” pada bagian bawah yaitu NV-items.
  5. Simpanlah .txt file yang baru didapat dan ini adalah imei backup yang telah lakukan untuk modem ZTE mf90.

Nah itu dia teman cara untuk backup imei modem dengan menggunakan aplikasi NV-items reader writer. Simpan baik – baik hasil dari backup imeinya di tempat yang mudah terjangkau supaya jika suatu saat perlu tidak bingung mencarinya.

Terima kasih telah berkunjung di blog ikirangga, jika ingin lebih dekat dan lebih update bisa follow kita di Facebook Fan Page di ikiranggadotcom. Semoga Informasi yang telah kami sampaikan bermanfaat, bisa share untuk teman – teman yang belum tahu informasi ini.

6 COMMENTS

  1. gan kenapa setelah di search dc unlocker ada pesan not found, terus driver modemnya malah ilang, jadi pas di konek kabel ga kebaca, modem harus di reset dulu baru kebaca lg di pc

      • emang beda ya mas driver bawaan modem sama yg ada di link diatas?

        • terkadang seperti itu, mas… Jadi kita harus install driver selain yang ada dibawaan modem

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here