Home Ikirangga Tutorial Android Tutorial 2 Cara Mudah Download Video Youtube Secara Legal

2 Cara Mudah Download Video Youtube Secara Legal

Siapa yang tidak kenal dengan website yang satu ini? Untuk share – share video iya, untuk mendapatkan uang yang merupakan nilai plus. Ada 1 hal yang membuat saya masih bingung dengan download video di youtube, apakah itu perbuatan yang dibenarkan? Menurut beberapa website dan salah satunya adalah Nanda Abiz bahwa download video itu legal tapi video tersebut video tersebut hanya untuk konsumsi pribadi dan tidak untuk dipergunakan selain dari konsumsi pribadi saja contohnya dipergunakan untuk kebutuhan yang bersifat komersial.

Jadi bagaimana cara untuk membuat download file youtube supaya menjadi legal? Ini berlaku untuk semua pengguna sistem operasi, apakah teman – teman menggunakan macOS, Android, iOS, Windows, Linux dan sebagainya.

1. Download file youtube melalui aplikasi youtube di smartphone

Ini adalah cara pertama yang bisa digunakan jika kita adalah orang yang pelupa akan aturan, mengapa? Seperti yang ikirangg jelaskan  tadi bahwa penggunaan akan video inilah yang membuatnya menjadi ilegal. Jika diperhatikan di aplikasi youtube sendiri memperbolehkan kita untuk download dan menontonnya secara offline tanpa terhubung dengan jaringan internet.

  • Buka aplikasi youtube yang teman – teman gunakan bisa di android atau iO
  • Search video yang mau di tonton secara offline, misal cari video “Ternyata… Gini Lho cara download photo dan video instagram”
  • Lalu di bagian bawah akan kelihatan tombol download dan proses  download akan berlangsung hingga selesai ya teman – teman.
  • Selesai di download, kita bisa melihatnya tanda downloadnya akan ada centang biru seperti gambar di bawah ini.
  • Buka pada Library dan pilih Download, kita akan menemukan video yang telah kita download tadi dan siap kita tonton selama 30 hari tanpa terhubung dengan internet.

Kekurangan dari cara ini adalah waktu simpan selama 30 hari dan setelah 30 hari kita wajib download lagi video tersebut jika ingin menyimpannya lagi.

2. Download hanya untuk untuk konsumsi sendiri melalui laptop

Sebelum menjalankan cara yang kedua ini, kita harus menanamkan niat di dalam hati dan pikiran untuk dan hanya untuk konsumsi pribadi dan bukan untuk konsumsi yang komersil jika teman – teman tidak mendapatkan izin dari yang punya video misalnya siaran tv, siaran berita atau siaran lainnya yang dimiliki oleh perusahaan yang memiliki hak cipta atas video tersebut.

Sekarang teman – teman sudah bisa menikmati video tersebut dengan cara offline. Oleh karena itu bijaklah dalam menggunakan video yang telah di download tersebut dan yang teramat penting adalah video yang bisa dismpan dalam bentuk softcopy seperti .mp4 dan jika inging menggunakannya untuk kepentingan yang komersil maka teman – teman bisa memina ijin dari pemilik konten video tersebut.

Ikirangga tidak bertanggung jawab atas segala yang dilakukan terhadap tutorial ini untuk kegiatan yang ilegal dan melanggar copyright karena sebelumnya sudah diingatkan kepada teman – teman tentang niat yang terkandung di hati sebelum download video tersebut.

Terima kasih telah berkunjung di blog ikirangga, jika ingin lebih dekat dan lebih update bisa follow kita di Facebook Fan Page di ikiranggadotcom. Semoga Informasi yang telah kami sampaikan bermanfaat, bisa share untuk teman – teman yang belum tahu informasi ini.

1 COMMENT

  1. Bisa dicoba ini mas,kan enak secara legal yang buat konten juga gk dirugikan , sama-sama saling menguntungkan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here