Home Ikirangga Tutorial Android Tutorial 2 Cara Jitu Menghemat Kuota Internet Saat Nonton Netflix

2 Cara Jitu Menghemat Kuota Internet Saat Nonton Netflix

cara hemat kuota ketika nonton netflix

Menonton film adalah salah satu hiburan yang banyak dilakukan oleh orang di bumi ini. Apakah itu di negara kita tercinta ataukah di luar negeri sana. Salah satu situs dan aplikasi terkenal tempat kita nonton streaming adalah Netflix. Netflix tersedia untuk aplikasi Android, iOS dan Windows. Selain aplikasi tersebut Netflix juga bisa dinikmati via website menggunakan browser.

Dampak dari menonton secara online adalah kebutuhan kuota internet yang tidak sedikit. Inipun berlaku untuk download video film ataupun musik di internet sebenarnya tetapi ketika streaming tidak bisa kita ukur berapa kuota yang terpakai. Hal ini akan terasa imbasnya ketika kita menggunakan kuota internet di smartphone android atau iPhone.

Dibalik “masalah” tersebut tentu saja ada beberapa jalan keluar atau solusi yang patut kita coba. Sebagai contohnya adalah hal yang akan kita bahas ini tentang cara jitu menghemat kuota internet saat nonton Netflix.

1. Mengatur kualitas video yang ditonton

Ini adalah hal penting yang harus kita pikirkan terlebih dahulu yaitu mengatur kualitas video. Mengapa? Karena setiap film yang kita tonton akan membutuhkan kuota yang tidak sedikit jika disetting menjadi kualitas High.

Dibawah ini ada informasi tentang berapa kuota yang harus kita butuhkan per jam tergantung dari kualitas video. Mulai dari kualitas paling rendah hingga kualitas video paling tinggi yaitu UltraHD.

Kebutuhan kuota berdasarkan kualitas video

NoKualitas VideoPemakaian data per jam
1Low0.3 GB
2SD (Medium)0.7 GB
3HD (High)3 GB
4Ultra HD7 GB

Sumber: Netflix Help

Dengan melihat kebutuhan kuota dan kualitas video yang dihasilkan maka kita bisa memilih kualitas mana yang harus kita pilih. Untuk hemat kuota internet maka kualitas yang bisa kita pilih adalah Low atau SD (medium). Tentu saja dengan pertimbangan jumlah kuota per jam yang dibutuhkan yaitu 0.3 GB untuk Low dan 0.7 GB untuk medium (SD). Selain smartphone android, hal ini juga berlaku ketika kita menggunakan modem untuk koneksi internet. Anggap saja sekarang sedang menggunakan modem wifi atau MIFI seperti ZTE MF90 sebagai alat bantu koneksinya.

Jika kita sudah memilih yang kualitas SD (medium) untuk kualitas yang lumayan, maka apa pengaruh terhadap kuota internet? Tentunya akan membuat kebutuhan kuota internet akan semakin kecil dibandingkan UltraHD. Apakah ada hal lain selain hemat kuota internet? Tentu saja ada yaitu jumlah film yang akan kita tonton semakin banyak jumlahnya.

Cara melakukan setting video

  1. Masuk ke menu profile pengguna yang ada di Netflix. Lakukan klik di bagian pojok kanan atas yang ada logo netflix account.masuk ke menu account setting
  2. Setelah kita berada di dalam menu profil atau Account, kita bisa cari menu setting yang bernama Playback Setting.memilih menu playback setting
  3. Di menu Playback Setting ini kita bisa melakukan penyesuan untuk kualitas video yang akan kita tonton. Apakah Low, Medium, High atau Ultra High.lakukan pemilihan kualitas video di netflix

2. Download video di netflix di jaringan wifi

Cara yang kedua adalah dengan download video atau film di Netflix ketika kita terhubung dengan jaringan wifi. Jaringan yang mana? Tentu saja jaringan wifi mana saja sehingga tidak memakai kuota internet di smartphone android. Sebagai contohnya saya menggunakan internet langganan dengan kecepatan up to 10 mbps. Ini adalah kecepatan yang lumayan untuk download film atau movie.

Berapa sih batasan kita untuk melakukan download film di Netflix? Menurut yang saya lihat di situs Netflix, kita bisa download bisa hingga 100 judul film. Nah yang jadi masalah adalah storage di smartphone, tablet, Windows atau Android TV box kita mampu atau tidak menampungnya.

Ada hal yang perlu diingat ketika kita menggunakan cara download ini. Apakah itu? Waktu expired untuk file download tersebut, yang artinya kita harus menonton semua judul film yang didownload sebelum waktu berlanggana berakhir.

Jadi ketika sedang perjalanan, kita bisa nonton secara offline tanpa terhubungan dengan internet dan kuota smartphone aman.

Terima kasih sudah berkunjung di Ikirangga Blog, semoga artikel yang kita sajikan bisa memberikan manfaat bagi diri sendiri dan orang banyak di dunia ini. Selain dibaca sendiri, artikel ini juga bisa sahabat share atau bagikan di sosial media seperti facebook, twitter ataupun di grup Whatsapp.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here