Home Ikirangga Tutorial 11 Langkah Menjalankan Aplikasi Windows Menggunakan PlayOnMac

11 Langkah Menjalankan Aplikasi Windows Menggunakan PlayOnMac

aplikasi windows di macOS

Software atau aplikasi adalah tools atau alat yang bisa kita gunakan di komputer atau laptop yang berguna untuk membantu kita mengerjakan sesuatu pekerjaan. Bagaimana jika kita menggunakan sistem operasi yang tidak didukung untuk menggunakan aplikasi atau software tersebut. Apakah hal ini bisa terjadi? Tentu saja hal ini bisa terjadi teman  – teman.

Terkadang kita masih membutuhkan beberapa aplikasi Windows untuk mendukung pekerjaan kita, misalnya kita membutuhkan aplikasi Corel Draw yang notabene tidak ada lagi untuk versi sistem operasi macOSnya atau jika kita seorang trader dan membutuhkan aplikasi meta trader 4 untuk melakukan trading. Ini adalah contoh teman – teman ikirangga.

Pertanyaannya bagaimana saya bisa menggunakan apikasi – aplikasi Windows tersebut? Teman – teman ikirangga, kita bisa menggunakan aplikasi PlayOnMac untuk membantu kita menggunakan aplikasi Windows di macOS. Kan kita bisa menggunakan Wine, mas Rangga. Jujur jika saya masih bingung menggunakan Wine maka saya sarankan menggunakan PlayOnMac untuk memudahkan walaupun pada dasarnya PlayOnMac ini menggunakan Wine tetapi mereka membuatnya menjadi mudah.

Menjalankan Aplikasi Windows Menggunakan PlayOnMac

  1. Download terlebih dahulu aplikasi atau software PlayOnMac untuk diinstall di macOS teman – teman.
  2. Siapkan aplikasi atau software Windows yang akan kita jalankan di macOS dengan menggunakan PlayOnMac.
  3. Buka aplikasi atau software PlayOnMac yang telah kita install pada langkah pertama tadi dan kita akan melakukan installasi software atau aplikasi Windows dengan klik Install Program.
  4. Setelah itu akan muncul jendela baru seteah kita klik Install program, teman – teman bisa lihat di tampilan di bawah ini dan di sana terdapat tulisan Install a non-listed program di bagian kiri bawah.menggunakan play on mac
  5. Setelah teman – teman klik tulisan Install a non-listed program maka akan muncul jendela untuk menentuka kita akan menggunakan virtual drive yang baru atau virtual drive yang baru. Jika teman – teman sudah menggunakan sebelumnya maka pilih install program in a new virtual drive, namun apabila teman – teman sudah pernah install aplikasi dengan menggunakan PlayOnMac maka kita bisa pilih edit or update an existing application.memilih virtual drive playonmac
  6. Kita anggap kita baru menggunakan PlayOnMac, kita akan memilih install program in a new virtual drive untuk install aplikasi Windows dan kita akan ada perintah untuk memberi nama untuk virtual drive.
  7. Setelah itu kita akan disodorkan jenis virtual drive yaitu 32 bit dan 64 bit. Jika saya akan memilih jenis 32 bit saja karena kebanyakan aplikasi atau software yang dipakai berjenis ini.jenis vritual drive playonmac
  8. Jenis virtual drive sudah kita pilih, sekarang kita akan menunggu proses untuk pembentukan virtual drive yang berjenis 32 bit atau 64 bit sehingga nantinya aplikasi yang akan kita install bisa berjalan dengan sempurna.
  9. Akhirnya selesai juga pembentukan virtual drive yang akan kita gunakan, sekarang akan muncul jendela untuk memilih aplikasi yang akan kita install. Pilih browse dan tentukan dimana aplikasi yang akan kita install dan setelah dipilih, kita akan melanjutkan dengan pilih next untuk melakukan installasi software Windows.
  10. Proses installasi software windows sedang berlangsung dan proses tersebut sama seperti jika kita melakukan install di sistem operasi Windows.
  11. Sekarang, kita sudah bisa menggunakan aplikasi yang telah kita install tadi teman – teman ikirangga.

Bagaimana teman – teman, sekarang kita sudah bisa menggunakan aplikasi Windows walaupun kita sedang menggunakan sistem operasi macOS. Semua tidak akan menjadi masalah teman – teman selama kita mengetahui caranya.

Terima kasih telah berkunjung di blog ikirangga, teman – teman juga bisa akses facebook fanpage ikiranggadotcom. Semoga Informasi yang telah kami sampaikan bermanfaat, bantu share supaya informasi ini tidak berhenti di teman – teman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here