10 Langkah Membuat Sendiri Flashdisk Installer macOS

Helo teman – teman ikirangga, kali ini saya ingin share cara membuat sendiri flashdisk installer macOS. Banyak dari kita yang baru menggunakan macOS bingung bagaimana cara membuat installer macOS tersebut. Mengapa? Karena pada umumnya sudah terbiasa dengan installer Windows dan macOS terasa asing.

Sebenarnya ada beberapa software yang bisa kita gunakan untuk membuat installer macOS tapi saya akan menunjukkan cara manual untuk membuatnya tanpa software pihak ketiga alias menggunakan software yang sudah disertakan pada installer macOS saja.

Kali ini saya akan mencontohkan dengan menggunakan installer macOS Sierra. Untuk installer yang lain bisa dilakukan dengan cara yang sama.

Langkah untuk membuat flashdisk installer macOS

  1. Buka folder Application dan temukan installer macOS
  2. Klik kanan pada installer lalu pilih Show Package Content
  3. Setelah Show Package Content terbuka, pilih Content folder lalu pilih Resources Folder dan kita akan menemukan file createinstallmedia. File ini yang akan kita panggil untuk membuat installer macOS kita.
  4. Sekarang waktunya kita buka terminal untuk memasukkan kode pembuat installer macOS di Flash Drive.
  5. Pada awal mulanya kita akan menuliskan command ini di terminal yaitu sudo lalu spasi dan drag createinstallmedia ke terminal.
  6. Setelah itu ketik –volume lalu spasi dan drag ke terminal usb flashdisk yang akan di jadikan tempat installer macOS.
  7. Kemudian di terminal lanjut ketik –applicationpath lalu spasi dan dilanjutkan dengan drag install macOS Sierra yang ada di Applications Folder.
  8. Untuk versi lengkapnya akan menjadi seperti ini Oya untuk penamaan seperti /Volumes\USB\ Mocca ini tergantung dari nama flashdisk teman – teman, jadi namanya tidak mengikat harus sama seperti ini ya.
  9. Tekan enter lalu proses akan berjalan selama beberapa menit. Tunggu hingga proses pembuatan installer macOS tersebut selesai ya.
  10. Done dan siap kita gunakan untuk clean install di macbook pro kita.

Baiklah teman – teman ikirangga, sudah selesai cara untuk membuat sendiri flashdisk installer macOS, totalnya ada 10 langkah yang mudah. Selamat mencoba ya teman – teman 🙂 .

Terima kasih telah berkunjung di blog ikirangga, jika ingin lebih dekat dan lebih update bisa follow kita di Facebook Fan Page di ikiranggadotcom. Semoga Informasi yang telah kami sampaikan bermanfaat, bisa share untuk teman – teman yang belum tahu informasi ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *