6 Software wajib diinstall setelah install ulang Windows 10

1 kata wajib yang pernah di dengan oleh pemilik laptop atau PC yang menggunakan sistem operasi Windows 10. Apakah kata itu? Ya benar, kata itu adalah install ulang. Ada banyak alasan orang melakukan install ulang Windows 10. Apa yang harus kita lakukan setelah selesai install ulang? Kita harus install software pendukung dan setidaknya ada 6 software wajib diinstall setelah install ulang Windows 10.

6 Software Wajib Diinstall

Windows 10 itu hanyalah sebuah sistem operasi dan tidak bisa maksimal jika tidak dibantu dengan software lainnya. Ada banyak software yang bisa kita install untuk membuat sistem operasi Windows 10 kita menjadi optimal. Software apa saja yang bisa kita install untuk mendukung kerja di Windows 10? Kita bisa install aplikasi Office, Antivirus, download manager dan masih banyak lagi.

Alasan install ulang Windows 10

Ada beberapa alasan mengapa orang harus melakukan install ulang PC. Alasan masing – masing orang akan sangat bervariasi tentunya. Saya akan mencoba mengumpulkan beberapa alasan yang sering kita jumpai.

#1 Komputer terinfeksi virus

Ini adalah salah satu penyebab utama orang melakukan install ulang Windows 10. Hal ini dilakukan ketika kita tidak bisa membersihkan sistem operasi dari virus. Salah satu caranya hanya dengan install ulang sehingga kita bisa mendapatkan sistem operasi yang masih fresh.

#2 PC mulai lemot

Sudah bukan rahasia lagi jika pengguna Windows akan merasa lemot ketika sudah lama digunakan. Kadang hal ini terjadi karena sudah terlalu banyak melakukan install dan uninstall program di Windows 10. Ada banyak sisa – sisa cache program yang sudah kita install dan ketika kita uninstall akan meninggalkan sisa. Hal ini membuat hardisk penuh secara tidak senagaja.

6 Software yang wajib di install

Apakah 6 software wajib diinstall setelah melakukan install ulang Windows 10? Hal ini akan kita bahas pada kesempatan ini. Ini perpaduan antara software office untuk kerja, security dan browser.

#1 Antivirus

Hal yang pertama adalah aplikasi Antivirus yang pertama kita install. Mengapa? Karena dengan menggunakan antivirus kita bisa melakukan scan terlebih dahulu partisi selain C bisa drive D, E atau F. Hal ini untuk memastikan bahwa drive selain C itu bebas dari virus yang mengganggu dan membuat install ulang kita menjadi sia – sia. Bisa dibayangkan jika kita sudah melakukan install banyak software ternyata masih ada virus yang bersarang di drive D.

#2 Aplikasi Office

Aplikasi kedua yang menurut saya penting untuk di install adalah aplikasi Office. Untuk aplikasi yang satu ini kita bisa memilih yang gratis atau yang berbayar. Itu dikembalikan ke teman – teman sebagai pengguna. Apakah ada yang gratis? Tentu saja ada, contohnya Libre Office atau Open Office, teman – teman bisa memilih salah satu. Untuk yang berbayar tentu saja kita bisa memilih Microsoft Office yang dimiliki oleh Microsoft.

Aplikasi Office berguna untuk kita bekerja di laptop atau PC yang telah di install ulang. Saya yakin dan percaya, aplikasi Office ini adalah salah satu yang ada di PC teman – teman.

#3 Internet Download Manager

Yang ketiga dan sekarang menurut saya tidak kalah penting adalah Internet Download Manager. Mengapa aplikasi ini penting? Bagi pengguna yang suka download, aplikasi ini bisa dibilang kebutuhan primer untuk kehidupan di Windows. Aplikasi internt download manager dipercaya mampu meningkatkan kecepatan download dibandingkan download manager bawaan browser.

#4 Browser

Nah ini adalah software yang kita gunakan untuk browsing di internet. Apakah Windows 10 tidak punya browser sehingga harus dinstall browser pihak ketiga? Windows 10 mempunyai browser bawaan tetapi saya dan kebanyakan orang lebih senang menggunakan browser pihak ketiga seperti Chrome dan Firefox.

#5 Cleaner

Ini adalah sofware yang digunakan untuk uninstall program yang tidak terpakai. Menurut saya, software ccleaner ini sangat membantu ketika uninstall sebuah program, mengapa? Karena adalah salah satu tools yang berada pada CCleaner digunakan untuk membersihkan registry.

#6 PDF Reader

Software yang ke enam adalah software pdf reader yang berguna untuk membaca dokumen dengan format PDF. Apakah ini perlu? Menurut saya perlu karena melengkapi kerja aplikasi Office yang sudah kita install tadi. Apakah PDF Reader yang bisa kita gunakan? Untuk versi free atau gratis, kita bisa menggunakan Foxit Reader atau Adobe PDF reader.

Itu adalah 5 software yang wajib teman – teman install ketika selesai melakukan install ulang. Mengapa? Karena software tersebut yang dibutuhkan ketika pertama kali untuk komputer yang fresh install.

Terima kasih sudah berkunjung ke Ikirangga Blog. Semoga artikel yang saya share ini berguna untuk kita semua. Teman – teman juga bisa bantu untuk share artikel ini supaya lebih banyak orang yang tahu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *