6 Tahap Install Plugin Sony PSP 3000

Sony PSP adalah console portable buatan Sony yang diperkenalkan pada tahun 2000 dan sampai sekarang masih enak untuk dimainkan. Oya teman – teman, sebelumnya sudah ikirangga sudah membuat artikel mengenai bagaimana cara install custom firmware 6.61 psp 3000. Salah satu tujuan kita melakukan install custom firmware psp 3000 adalah supaya kita lebih leluasa melakukan explore secara lebih mendalam psp yang kita punya. Apa saja yang bisa kita explore dari itu semua? Dari sisi game, plugin, custom xmb, theme dan lain – lain.

Tadi kita telah menyinggung explore dari sisi plugin dan sebelum lebih jauh, apakah plugin itu? Secara singkatnya, plugin adalah sekumpulan kode yang dibuat dalam bentuk tools sehingga bisa memberikan fungsi lebih daripada Sony PSP yang belum dilakukan custom untuk firmwarenya.

Apa saja yang harus di persiapkan?

  1. Sony PSP 3000, ini tidak wajib PSP 3000 ya teman – teman karena kita bisa menerapkan di Sony PSP tipe yang lain.
  2. Plugin yang akan kita pasangkan di Sony PSP tentunya. Contohnya adalah plugin untuk theme custom yaitu CXMB Theme.
  3. Kabel data untuk menghubungkan Sony PSP.

Langkah melakukan install Sony PSP 3000

  1. Hubungkan Sony PSP dengan menggunakan kabel data.
  2. Setelah itu, memory yang berada di dalam Sony PSP kita akan terbaca di My Computer jika kita menggunakan Windows atau akan muncul di desktop jika menggunakan macOS.
  3. Buka Memory Sony PSP tersebut, kita akan menemukan susunan folder di dalam Sony PSP yang akan kita install plugin.
  4. Di dalam memory Sony PSP, kita akan melihat folder SEPLUGINS dan di folder inilah yang akan kita letakkan plugin tersebut. Sekarang bisa kita copy CXMB Theme di SEPLUGINS ini. 
  5. Lakukan setting di file VSH.txt dengan skema sebagai berikut :Angka 0 untuk mengindikasi bahwa plugin tersebut belum aktif dan bagaimana jika plugin tersebut sudah aktif? Angkan tersebut diubah menjadi angka 1.
  6. Sekarang kita bisa mencobanya untuk membuktikan bahwa plugin ini berjalan dengan lancar.

Cara tes apakah plugin tersebut berjalan atau tidak

  1. Tekan Select kemudian kita akan dihadapkan pada VSN Menu.
  2. Kemudian pilih Recovery Menu.
  3. Pilih menu Plugin dan kita akan dihadapkan pada plugin – plugin yang telah kita install tadi.
  4. Aktifkan plugin tersebut dengan cara tekan X pada plugin yang akan kita aktifkan.
  5. Kemudian pilih Reset Device maka Sony PSP akan restart.
  6. Setelah itu jalankan Theme Setting untuk mengubah Theme dengan syarat kita telah menaruh template format CXMB di folder theme ( untuk cara menginstall theme akan kita bahas di artikel selanjutnya ya….)
  7. Jika theme bisa berjalan dengan baik maka plugin yang kita install maka kita telah berhasil.

Nah teman – teman ikirangga sekarang sudah tahu cara untuk melakukan plugin di sony psp yang ada dirumah. Ayo segera dipraktekkan supaya tidak penasaran nantinya.

Terima kasih telah berkunjung di blog ikirangga, jika ingin lebih dekat dan lebih update bisa follow kita di Facebook Fan Page di ikiranggadotcom. Semoga Informasi yang telah kami sampaikan bermanfaat, bisa share untuk teman – teman yang belum tahu informasi ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *