Home Design 5 Langkah Mudah Membuat Cover Youtube Channel Keren

5 Langkah Mudah Membuat Cover Youtube Channel Keren

Sering kita melihat channel – channel youtube yang sudah terkenal ataupun yang belum terkenal menggunakan cover youtube yang unik. Apakah cover ini dibuat secara asal – asalan saja, yang penting jadi? Tentu saja tidak. Mereka secara khusus membuat cover channel youtube tersebut karena hal ini sangatlah penting.

Cover youtube adalah bagian yang menggambarkan identitas sebuah channel. Apakah hal itu penting untuk di desain?? Jawabannya penting karena cover youtube menjadi identitas dari channel yang kita bangun. Berapa size cover youtube yang di sarankan? Untuk ukurannya Google telah menetapkan ukuran untuk cover youtube yaitu :

    1. Untuk ukuran dimensi minimum yang bisa kita upload adalah sebesar 2048 x 1152 pixel.
    2. Bagaimana dengan area minimum yang aman?? Google menyarankan untuk penempatan teks dan logo pada area 1546 x 423 pixel.
    3. Lebar maksimum: 2560 x 423 piksel.
    4. Berapa ukuran yang di ijinkan oleh Google untuk file gambar cover youtube? Ukuran yang diijinkan adalah sebesar 6 MB atau kurang dari 6 MB.

Yang perlu diingat bahwa Google mengatakan untuk hasil yang terbaik adalah ukuran 2560 x 1440 pixel, mengapa ukuran ini?? Karena ukuran ini diperuntukan untuk TV jadi gambar yang dibuat dengan ukuran ini akan tampak pada ukuran yang lebih kecil seperti tablet, smartphone dan desktop.

Langkah Mudah Membuat Cover Youtube Channel

  1. Buka aplikasi picture editor, misalnya Photoshop karena dalam contoh kali ini saya menggunakan Photoshop, mengapa? Karena saya lebih nyaman menggunakan Photoshop.
  2. Buat file gambar baru dengan ukuran yang disarankan oleh google dengan ukuran maksimal yaitu 2560 x 1440 pixel.membuat cover youtube 1
  3. Setelah itu buat tulisan yang akan kita tempatkan di gambar yang barusan kita buat tadi dan letakkan posisinya di tengah – tengah. Mengapa di tengah – tengah? Karena posisi di tengah adalah posisi aman untuk tulisan atau logo yang berhubungan dengan channel youtube kita.cara membuat cover youtube 2
  4. Tahap berikutnya adalah menyimpan hasil dari pembuatan cover youtube yang telah dibuat tadi. Ada hal yang harus diperhatikan ketika kita menyimpan gambar ini, apa itu? Ukuran file yang kita hasilkan supaya tidak melebihi 6 MB atau lebih bagusnya kurang dari 6 MB.
  5. Sekarang kiat sudah mendapatkan cover youtube yang telah kita design sendiri.

Mudah ya teman – teman untuk mendesign sebuah Cover Youtube. Kita hanya butuh sedikit keahlian di bidang design grafis saja. Untuk teman – teman yang kesulitan untuk menentukan posisi gambarnya atau butuh template untuk dibuat contoh dalam pembuatan Cover Youtube, ikirangga juga menyediakan template cover youtube yang bisa teman – teman download secara gratis.

Template Cover Youtube

Terima kasih telah berkunjung di blog ikirangga, jika ingin lebih dekat dan lebih update bisa follow kita di Facebook Fan Page di ikiranggadotcom. Semoga Informasi yang telah kami sampaikan bermanfaat, bisa share untuk teman – teman yang belum tahu informasi ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here