Cara install CFW 6.61 PSP 3000

Console Sony memang yahud dan tetap keren walaupun sudah lama rilis. Kebetulan kemarin saya kangen banget pengen main PSP ( Playstation Portable ) yang saya simpan di laci lemari. Oya sebagai informasi, PSP 3000 adalah jenis yang saya punya, jika saya lihat di informasinya seri 3001. Kemarin iseng saya main ke forum kaskus yang sudah lama tidak dikunjungi, terlihat sudah ada mendukung untuk jailbreak di Official Firmware 6.61 untuk menjadi CFW ( Custom Firmware ). Apakah tahapnya sudah ada, ternyata belum diupdate, saya iseng lagi ketik keyword CFW 6.61 for PSP 3000, saya bertemu dengan blog Nalhacker.

Sebenarnya apa sih tujuan Jailbreak PSP ini? Jika menurut saya pribadi, hal ini untuk membuka sisi lain dari perangkat PSP ini, seperti modifikasi tampilan dengan theme yang tidak standar karena akan membuat tampilan PSP menjadi lebih keren. Apa ada yang lain lagi? Ada dong, kita bisa menambahkan plugin untuk menjalankan fungsi – fungsi yang belum ada di Official Firmware. Kalau saya hanya itu saja mengapa menggunakan CFW untuk PSP 3000. Jika di luar itu semua, diluar tanggung jawab saya ya. Pasti nanti ada yang nanya, ini bisa buat main game yang tidak resmi atau tidak? Saya tidak akan menjelaskan itu semua di sini. Mengapa ? Karena itu tindakan yang ilegal dan masuk ke tindakan pembajakan hak cipta.

Sumber : Lifewire

Kembali ke blog Nalhacker tadi, saya pahami terlebih dahulu makna dari setiap langkah – langkah tersebut, supaya tidak salah langkah dan break nanti PSP kesayangan saya. Akhirnya saya sudah paham dengan langkah – langkahnya, sambil melihat blog tersebut saya jalankan misi ini.

Apa aja yang harus dipersiapkan untuk menjalankan ritual ini?

  1. Sony PSP 3000 ( terserah semua seri pokoknya jenis yang itu ya ) yang jelas harus berada di posisi Custome Firmware atau Official Firmware 6.20, bagaimana jika tidak berada di firmware tersebut? Ada solusi untuk downgrade, saya tidak menyarankan karena saya belum pernah melakukannya. Jika ingin nekat juga untuk downgrade, maka resiko di tanggung sendiri ya.
  2. Kabel Data USB 2.0 yang berguna untuk menghubungkan PSP dengan PC/Laptop
  3. Aplikasi HDD Low Level Format
  4. Infinity Firmware Maker 1.0
  5. Infinity Firmware Flasher 1.0
  6. Infinity Bootloader Configuration 0.39
  7. Custom Firmware 6.61
  8. Official Firmware 6.31 & 6.61
  9. Backup semua data yang ada di MS Duo ke PC/Laptop

Langkah melakukan instalasi Custom Fimware 6.61

  1. Hubungkan PSP kita dengan menggunakan kabel USB dan dalam case ini, kita harus setting PSP auto connect lalu jalankan aplikasi HDD Low Level Format. Nanti akan tampak tampilan seperti di bawah ini.
  2. Pilih SD Card, lalu kemudian pilih continue
  3. Akan ada tab Low Level Format dan diklik tab tersebut. Setelah itu pilih “format this device” dan tunggu hingga format selesai 100%. Mengapa hal ini dilakukan? Karena MS Duo yang telah dipakai dikhawatirkan secara susunan file sudah tidak beraturan lagi dan ini akan membuatnya kembali fresh.
  4. Setelah itu putuskan hubungan PC/Laptop dengan PSP, sekarang kita menuju ke setting dan pilih “Format Memory Stick”. Setelah selesai tampilannya dalam memory akan seperti ini.
  5. Setelah fresh maka sekarang saatnya kita eksekusi untuk Custom Firmware-nya.
  6. Ekstrak Infinity Firmware Maker 1.0, Infinity Firmware Flasher 1.0, Infinity Bootloader  lalu akan kita dapatkan folder Maker, Flasher dan Stage.
  7. Ekstrak Official Firmware 6.61 dan 6.35 dengan bentuk filenya 661.PBP dan 631.PBP, letakkan file tersebut di folder Maker dengan susunan nya sebagai berikut: PSP/GAME/MAKER.
  8. Putuskan kembali hubungan PSP dengan PC/Laptop, sekarang menuju ke menu GAME dan pilih Memory Stick dan tekan X maka akan tampak aplikasi apa saja yang terinstall lalu pilih Infinity Firmware Builder 1.0.
  9. Jalankan Infinity Firmware Builder 1.0 maka akan tampak tampilan seperti berikut :
  10. Sambungkan kembali PSP dengan Laptop/PC, periksa folder maker, setelah selesai proses builder tadi maka akan tercipta 1 file bernama DATA.mfc di folder maker. Selanjutnya bagaimana? Pindahkan file DATA.mfc ke folder Flasher. Disconnect PSP dari Laptop/PC dan sekarang kita menuju ke menu Game>Memory Stick>Infinity Firmware Flasher 1.0, jalan aplikasi tersebut dan sekarang pilih start seperti gambar berikut. Ikuti prosesnya hingga selesai.
  11. Setelah proses selesai, connect ke PC/Laptop, copy CFW 6.61 Pro C2 dan CFW 6.61 LME ke PSP>GAME. Install 2 buah CFW ini dengan cara menuju menu GAME>Memory Stick dan pilih Pro Update dan LME Installer 6.61. Apakah sudah selesai? Belum dan kita lanjut ke langkah berikutnya.
  12. Jalankan Infinity Bootloader di GAME>Memory Stick lalu seteah itu geser ke kiri dan pilih CFW 6.61 yang akan kita jalankan pada saat start-up. Klik tombol home dan sekarang coba matikan.

Sekian dari saya tentang Cara install CFW 6.61 PSP 3000, semoga yang saya tuliskan dan share di blog ini berdasarkan pengalaman saya bisa berguna untuk kita semua.

Mau selalu update berita dari ikirangga[dot]com, teman – teman bisa follow twitter & facebook fan page ikirangga[dot]com.