Home Belajar Office Langkah Mudah Membuat Watermark di Microsoft Word

Langkah Mudah Membuat Watermark di Microsoft Word

Kita pernah membahas tentang cara membuat sebuah dokumen di microsoft word dari awal hingga akhir. Hal ini bisa kita gunakan untuk membuat sebuah artikel ataupun sebuah cerita pendek. Selain hanya membuat karya tulis atau dokumen, kita bisa menandai hasil karya kita. Ada 5 langkah mudah untuk membuat watermark di Microsoft Word.

Hal ini tentu akan membedakan karya kita dengan orang lain dengan adanya watermark. Apakah kita bisa membuat tanda atau watermark tersebut dengan menggunakan Microsoft Word. Tentu saja kita membuat watermark tersebut dengan menggunakan Microsoft Word. Dengan harapan ketika karya kita tersebut dipakai orang maka kita akan tahu atau tanda dengan karya yang telah kita buat.

Oya sebelumnya saya juga pernah menerangkan tentang 4 langkah membuat watermark tetapi hanya berupa text saja. Untuk tulisan kali ini saya perbarui dengan menggunakan picture watermark di Microsoft Word.

Apakah watermark itu?

Watermark adalah sebuah tanda yang kita letakkan pada sebuah artikel di Microsoft Word. Letak dari watermark ini berada dibelakang tulisan dan biasanya warnanya sengaja dibuat tidak terang. Tentu saja hal ini kelihatan seperti air yang tertuang pada kertas, menandai tapi tidak terlalu tampak.

Watermark ini menunjukkan identitas dari pembuat artikel atau karya seni. Biasanya watermark ini dibuat pada sebuah karya digital ataupun manual. Digital sebagai contohnya video di youtube ataupun artikel yang kita buat menggunakan Microsoft Word. Apa contoh dari karya manual? Pernah melihat sebuah tanda tangan di lukisan? Nah itu juga termasuk watermark.

Apa fungsi dari watermark?

Jika ditanya tentang fungsi watermark maka hal yang paling sederhana adalah sebagai tanda. Mengapa sebagai tanda? Karena watermark ini bersifat menandai hasil karya kita dari orang lain. Hal ini sama seperti kita memberi nama kita di buku yang baru kita beli atau sendal jepit yang kita kasih nama supaya tidak hilang.

Dengan adanya watermark, kita bisa melihat ini adalah hasil karya saya walaupun ada orang yang memakainya.

Langkah Mudah Membuat Watermark

Jadi watermark itu ada 2 jenis yaitu yang bentuknya tulisan atau text dan yang bentuknya gambar atau picture. Pada tahap kali ini kita akan membahas kedua jenis ini. Mengapa? Supaya kita sama – sama paham tentang cara membuat watermark di Microsoft Word.

1. Watermark bentuk text

Untuk bentuk yang pertama adalah watermark yang berbentuk text. Jadi kita akan membahas langkah – langkah untuk membuatnya.

  1. Kita harus punya terlebih dahulu file yang akan kita buatkan watermarknya. Saya anggap kita sudah punya dan sekarang sedang membuka file tersebut.kita buka dokumen yang akan kita beri tanda atau watermark pada langkah membuat watermark
  2. Setelah itu kita menuju ke menu design yang ada di Microsoft Word. Mengapa ke menu ini? Karena di sinilah awal mula semuanya terjadi.
  3. Ok teman – teman, pada menu Design, kita akan menemukan fitur untuk menambahkan watermark di document milik kita. Sekarang pilih watermark dan kita akan dipertemukan oleh sebuah pop-up yang berisi seting-an lain untuk watermark.kita akan melihat sebuah pop-up setting watermark
  4. Sekarang kita coba untuk membuat sebuah watermark di menu pop-up tadi. Saya akan menuliskan watermark “IKIRANGGA” dan tentukan posisi dari watermark tadi.
  5. Sekarang terakhir kita pilih ok dan ini menandakan bahwa pekerjaan kita telah selesai. Akan kita temukan sebuah dokumen lengkap dengan watermark di dalamnya.ini adalah hasil ketika sebuah dokumen sudah diberi watermark

2. Watermark bentuk picture

Yang kedua adalah watermark yang berbentuk pciture atau gambar. Jadi kita menggunakan picture yang telah kita buat sebelumnya sebagai identitas.

  1. Ini langkahnya sama seperti yang watermark jenis text yaitu kita buka dokumen yang akan kita beri watermark. Yang membedakan hanyalah kita sudah menyiapkan logo yang akan kita gunakan untuk watermark.kita buka dokumen yang akan kita beri tanda atau watermark
  2. Setelah itu kita menuju ke menu design yang ada di Microsoft Word. Apa yang ada di menu design?
  3. Ternyata di sana ada fitur yang kita butuhkan yaitu fitur watermark. Pilih fitur tersebut dan kita akan dihadapakan pada sebuah pop-up.kita akan melihat sebuah pop-up setting watermark
  4. Pilih pada bagian Picture karena sebelumnya kita memilih Text untuk watermark yang bentuk text. Klik Choose maka kita akan di arahkan pada gambar yang akan kita gunakan sebagai watermark. Setelah dipilh gambar atau picture maka kita pilih OK.kita melakukan pemilihan picture untuk watermark
  5. Sekarang sudah selesai proses untuk menyisipkan water,ark dengan menggunakan picture.kita sudah melakukan watermark dengan picture ikirangga

Sekarang kita sudah bisa memberikan tanda watermark di karya yang ditulis di Microsoft Office sehingga tidak akan di claim oleh orang lain. Oya untuk tutorial ini juga bisa diterapkan untuk Microsoft Word yang ada di sistem operasi Windows.

Terima kasih sudah mengunjungi blog ikirangga. Saya harap artikel yang disajikan di blog ini berguna untuk kita semua. Teman – teman juga bisa bantu share ke sosial media atau grup Whatsapp sehingga membantu banyak orang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here