Home Belajar Office Cara Proteksi File Excel di Microsoft Excel Dengan Password

Cara Proteksi File Excel di Microsoft Excel Dengan Password

file excel yang sudah terproteksi

Sebelumnya kita sudah belajar cara membuat sebuah dokumen di Microsoft Excel. Apa yang akan kita lakukan setelah bisa membuat sebuah dokumen di Microsoft Excel? Kita bisa menyimpannya atau tekan tombol save. Tidak hanya itu, kita akan mempelajari hal lain seperti cara proteksi file excel.

Untuk file excel ini memang sangat berguna untuk pekerjaan yang berhubungan dengan angka. Bayangkan teman – teman jika kita belum mengenal Microsoft Excel, semua hal akan dilakukan secara manual. Microsoft Excel menyertakan fungsi – fungsi yang memudahkan dalam pekerjaan sehari-hari.

Tapi tetap keamanan adalah yang nomor 1 untuk semua jenis pekerjaan. Untuk Excel, kita bisa memilih untuk proteksi filenya sebagai salah satu fitur keamanannya. Lalu untuk apa diproteksi segala? Tentu akan merepotkan ketika membuka file tersebut. Memang betul akan repot bagi orang yang akan mencurinya.

Mari teman – teman kita akan bahas mengapa file Excel itu harus diproteksi? Lalu bagaimana cara memproteksinya?

Apa fungsi proteksi sheet excel?

Menjalankan sebuah fungsi di Microsoft Excel tentunya mempunyai maksud dan tujuan. Ini juga berlaku untuk proteksi sheet excel, apakah fungsi dari proteksi sheet excel ini? Jawabannya hanya satu, yaitu mengamankan file excel dari orang yang bermaksud jahat terhadap kita.

Dengan mengaktifkan proteksi sheet excel, file yang diambil atau dicuri akan menjadi sia – sia. File tersebut tidak akan bisa dibuka dan diambil data yang ada di dalamnya. Setidaknya ini akan menghambat orang untuk membocorkan data yang ada.

File data perusahaan yang menggunakan Microsoft Excel rata – rata mengaktifkan fitur ini. Walaupun membagikan antar internal akan selalu meminta password ketika akan membukanya. Memang sedikit merepotkan tapi kita akan tahu jika suatu saat data bocor maka orang – orang yang dicurigai akan mudah dilacak.

Cara proteksi file excel di Microsoft Excel

  1. Buka dokumen Microsoft Excel yang sudah di siapkan. Jika tidak ada maka teman – teman bisa membuatnya.file excel yang sudah dibuka
  2. Kemudian Klik File dan kita akan menemukan menu password. Pada menu password ini kita akan memasang kata sandi pada dokumen excel.kita akan mengakses menu password dari menu file
  3. Akan muncul pop-up untuk memasukkan password. Kita akan diminta untuk verifikasi password sebanyak 4 kali.di sini kita memasukkan password 4 kali untuk verifikasi
  4. Jika dokumen belum di save atau simpan maka lakukan hal tersebut supaya tidak hilang pekerjaan kita. Untuk bentu icon file excel yang telah diproteksi dengan password akan berbeda.logo file yang telah diproteksi akan berbeda dengan file yang belum diproteksi

Saatnya untuk mencoba apakah langkah – langkah untuk proteksi file excel telah berhasil. Sekarang coba untuk buka file excel yang telah kita setting password tadi dan apa yang akan terjadi?

muncul pop-up ketika membuka file excel yang telah diberi password

Muncul pop-up menu untuk memasukkan kembali password yang telah kita setting tadi. Ini berarti langkah – langkah yang tadi kita lakukan telah berhasil.

Jenis password yang bagus untuk proteksi file excel

Barusan kita sudah melihat bagaimana cara proteksi file excel dengan sangat mudah. Tentu saja dengan mengikuti langkah demi langkah yang telah saya jelaskan di atas. Ada yang menarik menurut saya ketika berbicara tentang password. Jenis password apa yang bagus untuk proteksi?

  1. Jangan menggunakan tanggal/bulan/tahun lahir. Mengapa? Karena ini akan mudah ditebak oleh orang lain.
  2. Gunakan kombinasi alpha numerik. Apa itu mas Rangga? Kombinasi password huruf dan angka, tentu teman – teman akan ingat dengan anak “alay”. Ya mirip – mirip dengan yang ditulis sama mereka. Ternyata ini cukup aman lho teman – teman.
  3. Selain menggunakan kombinasi huruf dan angka, bisa juga menggunakan kombinasi simbol – simbol yang ada di keyboard. Cara ini akan sangat aman karena orang tidak akan berfikir dan menebak simbol – simbol tersebut.

Saya rasa itu saja langkah mudah untuk melindungi file excel yang telah kita buat. Keamanan itu nomor 1 untuk data – data yang penting. Jangan pernah abaikan keamanan. Buatlah password yang nyaman dengan anda dan tidak nyaman bagi orang lain. Saya terinsiprasi dengan salah satu blog yaitu latihan excel dan berdasarkan pengalaman pribadi.

Terima kasih sudah mengunjungi Ikirangga Blog. Saya harap artikel yang disajikan di sini bisa bermanfaat untuk kita semua. Sahabat juga bisa bantu share di media sosial supaya orang banyak tahu tentang artikel ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here