Cara mudah memilih font di Microsoft Word

Di tutorial sebelumnya kita sudah membahas tentang mengatur rata kanan dan kiri di Microsoft Office. Selain hanya menulis sebuah karya tulis lalu membuatnya menjadi sebuah paragrap, ada hal lain yang bisa kita lakukan. Kita jangan pernah lupa bahwa ketika kita membuat sebuah karya tulis, kita bisa mengubah font dengan yang kita inginkan atau font yang mudah untuk dibaca. Bagaimana cara mudah memilih font di Microsoft Office?

cara memilih font dengan mudah
Sumber : Freepik

Apa pentingnya sebuah font untuk karya tulis yang kita buat? Tentu saja hal ini penting karena sebuah tulisan itu untuk dibaca orang lain dan bukan hanya kita yang membaca. Ini tidak hanya berlaku untuk karya tulis tetap juga hal lain yang bisa ditulis seperti contohnya surat lamaran kerja atau ketika kita membuat sebuah cover buku.

Mengapa saya ambil contoh cover buku? Karena ketika kita melihat design sebuah cover buku, tentu kita akan melihat tulisannya. Nah di situlah peran font yang kita pilih, membuat menarik cover sebuah buku.

Apakah yang dimaksud dengan font?

Dari tadi kita membicara tentang font yang pas untuk sebuah karya tulis. Sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan font? Font dalam bahasa Indonesianya adalah huruf, artinya huruf yang kita pakai untuk mmebuat tulisan. Ada berapa banyak huruf yang bisa kita pakai? Banyak sekali jumlah dan tergantung kita mau buat apa dengan menggunakan huruf tersebut.

Beberapa contoh font yang mungkin telah akrab di telinga kita semua, seperti Times New Roman, Calibri, Myriad Pro dan lain sebagainya. Apakah font – font tersebut free atau gratis? Ada beberapa yang harus kita bayar tapi banyak juga yang free atau gratis.

Cara mudah memilih font di Microsoft Word

Bagaimana mudah bukan untuk memilih font yang tepat untuk karya yang kita tulis menggunakan Microsoft Word. Tidak ada sesuatu yang susah jika kita berusaha untuk memahaminya.

  1. Di sini saya mencontohkannya sebagai sebuah paragraph yang akan kita ubah font-nya. Tidak hanya sebuah paragraph, cover buku pun bisa kita buat dengan menggunakan font yang bagus dan menarik.kita menyiapkan artikel untuk merubah font pada artikel tersebut
  2. Sekarang kita blok semua paragraph yang akan kita ubah font. Ini berlaku ketika kita sudah memiliki paragraph tetapi jika dari awal kita ingin menggunakan font tertentu juga bisa langsung.kita harus blog paragraph untuk memilih font
  3. Pilih font yang diinginkan melalui tab font yang ada dibagian menu dari Microsoft Word. Ada beberapa jenis font yang bisa kita pilih untuk membuat tulisan kita menarik.memilih font dengan mudah
  4. Sekarang selesai tugas kita untuk memilih font berdasarkan kebutuhan kita.

Dimana kita bisa mendapatkannya?

Seperti yang saya tulis di awal tadi, sebenarnya Microsoft Word sudah menyediakan banyak sekali font di dalam paketannya. Kita bisa memilih langsung dari dalam aplikasi ketika kita membuat sebuah paragraph atau tulisan. Bagaimana jika saya ingin menambah sendiri font yang tidak ada di sana?

Ada banyak penyedia font gratis dan juga berbayar di internet. Itu terserah kita mau menggunakan yang gratis atau yang berbayar. Ada beberapa penyedia font gratis yang bisa kita download seperti :

Teman – teman mungkin bisa menambahkan jika bertemu tempat download font gratis di kolom komentar. Nanti kita update dimana saja kita bisa download font secara gratis, saya yakin kontribusi kita bisa berguna untuk orang lain.

Bagaimana teman – teman mudah bukan untuk mengubah font yang ada di Microsoft Word? Saya yakin teman – teman akan mudah menggunakannya jika mempraktekkan cara – cara di atas. Kita bisa karena terbiasa dan terus praktek.

Terima kasih sudah berkunjung di Ikirangga Blog. Semoga artikel ini berguna untuk kita semua yang membacanya. Teman – teman juga bisa membantu Ikirangga untuk share artikel di media sosial supaya lebih banyak orang yang mengetahu artikel ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *