Home Belajar Office Cara Memasukkan Tabel di Dokumen Microsoft Word

Cara Memasukkan Tabel di Dokumen Microsoft Word

cara memasukkan tabel di microsoft word

Bagaimana cara memasukkan tabel di dokumen Microsoft Word? Ini adalah pertanyaan yang mungkin akan ditanyakan oleh orang yang belum tahu tentang hal ini. Microsoft Word adalah software yang biasa kita gunakan sehari – hari. Walaupun sering kita gunakan tapi tidak semua fungsi pernah kita gunakan. Sebagai contohnya memasukkan tabel di dokumen Word.

Mungkin sudah ada beberapa tutorial yang saya sampaikan di blog tercinta ini, ikirangga. Sebagai contohnya tentang cara memulai sebuah artikel di Microsoft Word, tentunya ini untuk kita yang pemula. Hal ini akan berbeda dengan orang yang sudah mengenal Microsoft Word ini sebelumnya.

Kita akan mulai dengan hal yang mudah terlebih dahulu. Kita akan cari tahu tentang tabel dan fungsinya di dalam sebuah dokumen.

Apakah tabel itu?

Menurut pengertian dari Wikipedia, tabel adalah susunan data yang berada di dalam baris dan kolom. Data yang berada di dalam tabel kemungkinan berada pada struktur yang lebih kompleks. Tabel ini sering kita jumpai di media cetak, daftar harga toko, atau daftar barang di kantor.

Apa fungsi memasukkan tabel?

Tabel berfungsi untuk menginformasikan sesuatu yang berhubungan dengan angka. Kita akan lebih cepat memahami informasi dalam bentuk tabel.

Jika kita melihat daftar harga di toko disajikan dalam bentuk paragrap, apa yang kita bayangkan? Kepala kita akan pusing dibuatnya.

Cara memasukkan tabel di Microsoft Word

Kita akan membahas cara mamasukkan tabel ke dalam dokumen di Microsoft Word. Ada 3 cara yang bisa kita gunakan untuk mewujudkan hal tersebut. Mulai dari menggunakan template yang sudah ada, secara manual hingga dengan menggambar tabel.

1. Dengan cara menggunakan template

Cara ini adalah cara yang simpel dan bisa kita praktekkan langsung dengan mengikuti alur yang ada. Kita bisa insert table dengan hanya menunjuk berapa tabel yang kita butuhkan.

  1. Sekarang kita buka baru sebuah dokumen Microsoft Word atau dokumen yang sudah ada isinya juga boleh. Mengapa? Karena kita akan memasukkan tabel pada sebuah dokumen.
  2. Untuk tabel yang basic atau standar, kita bisa memilih menu insert dan akan lihat sub menu table.menyiapkan dokumen unti dimasukkan sebuah tabel tentang Cara Memasukkan Tabel
  3. Menu table ini berupa kotak – kotak yang bisa kita pilih berapa kolom dan berapa baris. Pilih sesuai dengan kebutuhan kita dan itu sangat mudah.sekarang kita siap untuk membentuk sebuah tabel
  4. Setelah itu akan terbentuk sebuah tabel yang lengkap dengan kolom dan baris. Teman – teman bisa lihat gambar dibawah ini untuk hasil yang sudah jadi.sudah ada tabel di dokumen yang kita buat

2. Secara manual

Dengan cara ini kita memasukkan secara manual angka untuk tabel dan kolom yang akan kita gunakan. Misalnya kita butuh 5 kolom dengan 2 baris jadi kita masukkan nilai tersebut di column 5 dan row 2.

  1. Saya anggap teman – teman sudah mempunyai dokumen yang sudah jadi.
  2. Sekarang coba untuk memberi jarang 1 spasi untuk memasukkan tabel di dokumen tersebut.
  3. Masuk ke bagian menu dan klik pada bagian insert lalu pilih table. Apa yang berbeda dari cara pertama? Sekarang kita pilih insert table.pilih menu insert table pada insert menu di microsoft word
  4. Akan tampak sebuah pop-up yang merupak media untuk memasukkan jumlah kolom dan baris.muncul pop-menu sehingga kita bisa memasukkan nilam kolom dan baris
  5. Setelah memasukkan jumlah baris dan kolom maka tekan OK. Kita akan mendapatkan sebuah tabel di dokumen tersebut.sekarang sudah terbentuk tabel yang telah kita buat secara manual tadi

3. Menggunakan fitur draw table

Cara yang ketiga ini sedikit berbeda dibandingkan dengan 2 cara sebelumnya. Kita tidak menuliskan berapa angka untuk nilai kolom atau baris. Microsoft Word memberikan kebebasan untuk menggambar sendiri kolom yang diinginkan.

  1. Sama seperti cara yang sebelumnya, kita harus punya dokumen yang sudah dibuat atau sedang dikerjakan di Microsoft Word.dokumen yag telah disiapkan untuk menggambar tabel
  2. Sekarang kita lihat ke menu insert, akan terlihat menu table dan sekarang klik menu tersebut.menu draw table
  3. Lalu kita pilih menu Draw Table pada menu table yang telah kita buka tadi. Memang sedikit bingung jika baru pertama menggunakan fitur ini.
  4. Arahkan di posisi mana kita akan menambahkan tabel pada dokumen yang telah disiapkan. Akan muncul kursor berbentuk pensil yang akan membantu seperti kita menggambar tabel di kertas.menggambar tabel dengan menggunakan kursor bentuk pensil
  5. Setelah selesai menggambar maka kita akan mendapatkan hasil yang sama dengan 2 cara sebelumnya. Yang membedakan hanya cara membuat tabelnya saja. Ada orang berkata ini adalah cara yang lebih flexible tapi itu kita kembalikan ke pilihan masing – masing.tabel dengan menggunakan draw table

Mas Rangga, ini kan contohnya menggunakan Microsoft Word macOS ya? Iya, benar. Apakah cara ini juga berlaku untuk Microsoft Word versi Windows? Tenang saja sahabat. Tutorial ini berlaku untuk semua jenis Microsoft Word, baik itu versi Windows ataupun versi macOS. Semua pengguna bisa menggunakan dengan syarat menggunakan Microsoft Office keluaran Microsoft.

Terima kasih sudah berkunjung di Ikirangga Blog, saya harap artikel yang disajikan bermanfaat. Jika sahabat merasa bermanfaat, bisa bantu untuk share di tempat lain seperti media sosial. Tujuannya supaya orang lain juga tahu tentang artikel yang bermanfaat ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here