Home Belajar Office 5 Langkah Mudah Membuat Dokumen Microsoft Word

5 Langkah Mudah Membuat Dokumen Microsoft Word

Kegiatan menulis adalah sebuah sebuah kegiatan yang menuangkan ide dan khayalan kepada sebuah lembar kerja. Lalu di di jaman digital ini kita membutuhkan sebuah software untuk menulis itu semua. Software yang biasa digunakan adalah Microsoft Office Word.

Untuk yang pertama kali mengenal hal ini tentu akan bingung. Bagaimana cara memulai menulis di Microsoft Word ini? Apakah susah untuk dimengerti? Tenang, hal tersebut tidak akan terjadi jika kita mempelajari satu per satu.

Hal pertama yang harus kita pejari adalah bagaimana memulai sebuah document di Microsoft Word ini. Mengapa hal tersebut wajib untuk dipelajari? Karena ini adalah dasar yang harus dimengeri dalam pembuatan sebuah document.

Langkah Mudah Membuat Dokumen Microsoft Word

A. Untuk pengguna MacOS

  1. Klik icon Microsoft Office Word yang ada di dock atau di folder applications. Mengapa saya berkata demikian? Karena untuk pengguna macOS, semua aplikasi berada di dalam folder Applications.
  2. Selanjutnya kita memasuki tahap kedua yaitu memulai untuk menulis di lembar kerja Microsoft Word. Akan terlihat lembar kosong yang siap kita gunakan untuk menulis.
  3. Selesai menulis pekerjaan kita, misalnya menulis sebuah lamaran pekerjaan, proposal atau surat undangan. Apa yang harus kita lakukan ketika semua itu telah selesai? Saatnya kita menyimpan pekerjaan tersebut sehingga jika nanti dibutuhkan akan bisa dibuka kembali. Simpan dengan tekan Command + S (ini cara cepat ya sahabat) dan akan muncul jendela seperti yang teman bisa lihat pada gambar.
  4. Setelah itu kita beri nama pada file yang disave tersebut. Simpan pada folder yang mudah untuk dicari ketika dibutuhkan.
  5. Sekarang kita sudah selesai dalam pembuatan document dan juga sekalian kita save pekerjaan tadi.

B. Untuk pengguna Windows

  1. Kita mulai dengan melakukan klik shortcut Microsoft Word di desktop. Sebenarnya tidak harus di desktop karena kebetulan saya meletakkannya di sana.
  2. Sekarang kita bisa melihat lembar kerja tersebut telah terbuka dan siap untuk kita isi dengan tulisan.
  3. Sekarang kita sudah selesai menulis pekerjaan di lembar kerja Microsoft Word. Langkah selanjutnya adalah menyimpannya atau lebih dikenal dengan save document.
  4. Penyimanan lembar kerja dilakukan dengan cara tekan tombol Ctrl + S (ini adalah cara cepat). Kemudian kita akan melihat jendela baru yang berguna untuk memberika nama pada document yang di simpan.
  5. Sekarang kita sudah selesai untukĀ Save DocumentĀ Microsoft Word.

Bagaimana teman – teman sudah mengerti cara memulai sebuah document di Microsoft Word? Saya hara teman – teman sudah mengerti karena langkah yang disertakan di artikel ini dibuat dengan sederhana. Apabila ada pertanyaan marilah kita berdiskusi di kolom komentar.

Terima kasih sudah mengunjungi Blog Ikirangga. Saya harap artikel ini berguna untuk kita semua termasuk penulis sendiri. Teman – teman juga bisa share artikel ini ke semua tempat seperti Facebook, Twitter, Whatsapp dan tempat lainnya. Bisa juga mengunjungi Fan Page Facebook Ikirangga dan Channel Youtube Ikirangga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here