Home Belajar Office 4 Langkah Mudah Membuat Watermark di Microsoft Office

4 Langkah Mudah Membuat Watermark di Microsoft Office

microsoft office watermark

Sebelumnya kita sudah membahas tentang membuat rata kanan dan rata kiri ketika membuat sebuah dokumen di Microsoft Word sehingga dokumen yang kita buat menjadi rapi dan enak untuk dibaca.

Terkadang sebuah karya tulis ingin kita publish ke internet dan kita takut jika suatu saat hasil tulisan akan diklaim oleh orang lain dan dianggap sebagai karya dari si pencuri atau ketika sebuah perusahaan mengeluarkan dokumen, bagaimana cara kita memberikan tanda bahwa hasil tersebut adalah kepunyaan kita?  Jawabannya sangat mudah tapi kadang tidak terfikirkan, yaitu diberikan watermark (seperti background image) pada lembar kerja microsoft word.

Apakah watermark itu? Menurut tulisan dari Wikipedia, Tanda air atau watermark adalah gambar atau pola khusus yang muncul pada kertas yang akan tampak dengan cara tertentu atau bisa dilihat langsung, misal dengan menggunakan pantulan sinar lampu atau matahari. Selain uang, benda lain yang biasanya menggunakan watermark adalah perangko dan dokumen-dokumen penting yang bertujuan untuk menghindarkan dari tindak pemalsuan.

Apakah teman – teman pernah melihat dokumen atau ebook yang dibagikan secara gratis di internet? Apa yang teman – teman lihat di dokumen tersebut? Salah satunya adalah watermark. Tadi kan ada fungsi untuk melindungi hak cipta tapi mengapa dibagikan gratis?? Nah ini fungsi lain dari waternark sebagai sarana promosi tentang blog, orang ataupun tempat usaha yang sedang dibuat. Mudahkan membuat watermark? Yuk kita lihat lebih lanjut beberapa langkah yang bisa kita lakukan di microsoft word teman – teman.

Langkah Mudah Membuat Watermark di Microsoft Office

  1. Kita siapkan terlebih dahulu hasil tulisan kita di Microsoft Word yang nantinya akan kita berikan watermark.
  2. Setelah itu teman – teman bisa memilih tab Design lalu selanjtnya pilih menu Watermark yang ada Microsoft Word.
  3. Lakukan pembuatan watermark yang diinginkan. Watermark bisa berupa tulisan ataupun berupa gambar. Di sini ikirangga akan menunjukkan watermark yang berupa tulisan ya teman – teman. Setelah kita selesai mendesign watermark maka klik OK. 
  4. Watermark di dokumen word kita telah selesai dan sekarang kita tidak khawatir lagi tentang pencurian hasil karya kita.

Bagaimana teman – teman ikirangga tentang cara membuat watermark di microsoft word? Ternyata mudah ya teman – teman untuk membuatnya. Jika kita lihat dari pengertian dan sedikit penjelasan tentang watermark, kita bisa menarik kesimpulan bahwa waternark ini berfungsi sebagai identitas dari dokumen yang telah dibuat, selain untuk melindungi hak cipta dari dokumen.

Terima kasih telah berkunjung di blog ikirangga, jika ingin lebih dekat dan lebih update bisa follow kita di Facebook Fan Page di ikiranggadotcom. Semoga Informasi yang telah kami sampaikan bermanfaat, bisa share untuk teman – teman yang belum tahu informasi ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here