Home Belajar Office 10 Shortcut Yang Sangat Berguna di Microsoft Word

10 Shortcut Yang Sangat Berguna di Microsoft Word

Hello sahabat ikirangga di mana berada, kali ini ikirangga akan membahas tentang 10 shortcut yang berguna di Microsoft Word. Untuk apa sih kita menggunakan shortcut? Kan sudah ada semuanya di menu bar yang ada di bagian atas dokumen. Shorcut berfungsi untuk mempercepat pekerjaan kita dan tidak membuat sibuk mencari menu yang sebenarnya bisa di atas dengan shortcut.

Ada banyakkah shortcut itu? Ada banyak tapi untuk permulaan ada 11 yang berguna dalam kehidupan sehari ketika membuat dokumen di Mircosoft Word. Wah banyak ya!! Tenang, jika sudah terbiasa makan otomatis tangan kita akan menghafalnya.

11 Shortcut yang wajib diketahu dan sangat berguna

1. CTRL ) atau Command ( ) + C (Copy)

Kita mulai dengan shortcut pertama yang sangat populer ketika mengetik di Microsoft Word. Shortcut ini berguna untuk melakukan copy kata – kata yang ada di di satu halaman ke halaman yang lain. Ini shortcut yang wajib diketahui.

2.CTRL ) atau Command ( ) + X (Cut)

Nah shortcut yang kedua ini adalah saudara kandungnya CTRL ) atau Command ( ) + C tapi bedanya ketika kita menggunakan shortcut yang kedua ini adalah kita memindahkan kata – kata utama ke tempat lain sehingga kata – kata yang tadi tidak ada lagi dan berpindah.

3.CTRL ) atau Command ( ) + (Paste)

Shortcut ketiga yang wajib diketahui ini adalah langkah setelah kita copy atau cut yaitu paste. Ketika kata – kata di dalam dokumen telah di copy atau cut maka kita gunakan CTRL ) atau Command ( ) + V untuk memindahkannya.

4.CTRL ) atau Command ( ) + B (Bold)

Setelah masuk ke dokumen lalu kita ingin menebalkan kata – kata tertentu maka bisa gunakan CTRL ) atau Command ( ) + tanpa harus melihat ke menu dan melakukan klik sehingga lebih cepat.

5.CTRL ) atau Command ( ) + I

Pernahkan kita mengubah kata – kata menjadi miring? Jika pernah maka ini adalah kerja dari shortcut CTRL ) atau Command ( ) + I sehingga mempercepat kerja kita untuk mengubah menjadi huruf miring.

6.CTRL ) atau Command ( ) + U (Underline)

Nah yang ke enam adalah shortcut yang berfungsi untuk memberikan garis bawah atau underline di kata – kata yang ada di dokumen.

7.CTRL ) atau Command ( ) + J

Di artikel sebelum yaitu tentang 5 langkah mudah untuk membuat rata kanan dan rata kiri di Microsoft Word, ini adalah shortcut yang bisa langsung dipakai untuk mewujudkan rata kanan dan rata kiri.

8.CTRL ) atau Command ( ) + S (Save)

Salah satu langkah yang kita lakukan ketika sudah membuat sebuah dokumen adalah menyimpannya sehingga nanti kita bisa membukanya. Shortcut yang kita bahas ini berfungsi untuk menjadi cara singkat untuk menyimpan atau save dokumen.

9.CTRL ) atau Command ( ) + (Open)

Shortcut berikut ini berfungsi untuk membuka file Microsoft Word yang telah dibuat sebelumnya. Sebenarnya ada dimenu file tapi shortcut ini memiliki fungsi yang sama sehingga bisa lebih cepat.

10.CTRL ) atau Command ( ) + (New)

Setelah kita membuat sebuah dokumen dan menyimpannya. Kita mau memulai sebuah dokumen baru, bagaimana caranya supaya cepat? Kita bisa menggunaan shortcut ini karena memang berfungsi untuk membuka sebuah halaman kerja baru Microsoft Word.

11.CTRL ) atau Command ( ) + P (Print)

Membuat dokumen Word, sudah dan di simpan juga sudah. Sekarang waktunya kita untuk mencetak dokumen tersebut, maka kita bisa gunakan shortcut ini untuk langsung memunculkan menu printer yang akan kita gunakan.

Di atas adalah 11 shortcut yang wajib teman – teman ketahui ketika membuat dokumen di Microsoft Word sehingga pekerjaan teman – teman bisa lebih cepat dan tidak banyak membuang waktu.

Terima kasih telah berkunjung di blog ikirangga, jika ingin lebih dekat dan lebih update bisa follow kita di Facebook Fan Page di ikiranggadotcom. Semoga Informasi yang telah kami sampaikan bermanfaat, bisa share untuk teman – teman yang belum tahu informasi ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here