Cara mudah membuka rekening mandiri secara online

Jaman sekarang adalah jaman yang serba online dan hal tersebut tidak bisa kita hindari. Bayangkan jika dahulu kala kita mau pesan makan harus pergi ke tempatnya dan mengantri. Bagaimana dengan sekarang? Kita buka aplikasi yang bernama Grab atau aplikasi online lainnya lalu cari makanan yang disukai terakhir tinggal pesan. Hal ini juga berlaku untuk industri perbankan dan salah satunya adalah Bank Mandiri. Apa yang dibuat Bank BUMN ini? Mereka meluncurkan produk inovasi yang bernama mandiri eform dan ini adalah salah cara mudah membuka rekening secara online. Apakah cara mudah membuka rekening online ini akan benar – benar memudahkan?

cara mudah membuat rekening online

Hal ini bisa dikatakan mudah karena kita bisa mengakses aplikasi dengan sangat mudah. Apakah ada aplikasi yang harus diinstall? Jawabannya tidak aplikasi install apapun di smartphone kita. Hal ini bisa mengurangi beban smartphone android kita tentunya. Cara mudah untuk  membuat rekening online ini akan sangat memudahkan kita sebagai calon nasabah.

Syarat untuk membuat rekening online

Untuk membuat rekening online ini juga memiliki syarat yang harus dipenuhi. Syarat ini bentuknya sama dengan ketika kita membuat rekening di kantor cabang.

#1 WNI

  • Dewasa : KTP dengan NIK yang terdaftar di Sistem Informasi Administrasi Kependudukan
  • NPWP
  • KTP Jabodetabek bisa digunakan di seluruh cabang wilayah Jabodetabek
  • KTP di luar wilayah operasional cabang, melampirkan surat keterangan bekerja/surat ijin domisili
  • Pelajar : Kartu Pelajar minimal SLTP atau sederajat & surat persetujuan orang tua

#2 WNA : Paspor disertai Visa DInas dan Ijin Kerja Tenaga Asing atau KITAS/KIMS/KITAP

#3 Nomer telephone rumah dan/atau kantor dan/atau telephone seluler

#4 KTP & KK beneficial owner (BO)/sumber dana khusus Ibu rumah tangga/Pelajar/Mahasiswa

Cara mudah membuat rekening online

Jika ada cara yang mudah mengapa kita memilih cara yang susah. Ini adalah sebuah ungkapan yang bisa kita praktekan dengan membuka rekening online di Bank Mandiri.

  1. Untuk langkah yang pertama ini, kita bisa scan barcode atau langsung akses menggunakan Google Chrome yang ada di smartphone android. Kita bisa langsung mengakses alamat yang digunakan untuk daftar online yaitu https://eform.bankmandiri.co.id.
  2. Setelah kita berada di halaman web tersebut, kita bisa langsung menuju tombol “Daftar Sekarang“. Saran saya sebaiknya kita membaca terlebih dahulu “Detail Produk” dan “Informasi Produk” supaya lebih clear tentang produk tabungan ini.
  3. Mulailah dengan mengisi form yang mirip dengan Aplikasi Pembukaan Rekening yang biasa kita isi ketika datang ke bank. Hal ini dimulai dengan menyetujui Syarat dan Ketentuan Mandiri e-Form yang akan kita isi.
  4. Kita akan ditanya apakah sudah memiliki rekening di Mandiri sebelumnya atau belum. Jika iya maka pilih iya dan jika belum pernah maka kita pilih tidak.
  5. Kemudian untuk jenis rekening secara default dipilihkan Mandiri Tabungan dengan mata uang adalah Rupiah. Untuk sementara pembukaan rekening online ini hanya menyediakan jenis currency Rupiah.
  6. Selanjutnya kta mengisi data pribadi seperti Jenis identitas yang digunakan, paspor atau KTP dan dilengkapi dengan nomer KTP/Paspor. Tekan Cek maka akan terlihat Nama sesuai identitas dan untuk NPWP tidak wajib kita isi nomernya. Tetapi untuk NPWP wajib kita bawa ketika mengambil buku tabungan dan kartu debit.
  7. Langkah selanjutnya kita harus isi informasi kontak yang terdiri dari alamat tempat tinggal, nomer telephone rumah, kantor atau handphone serta email. Selain data pribadi, kita harus mengisi data orang yang tidak tinggal serumah, biasanya ini disi dengan nama kerabat.
  8. Data pekerjaan harus kita isi ketika membuka tabungan online dengan menggunakan e-form. Ini harus kita isi sesuai dengan data pekerjaan tempat kita bekerja. Bagaimana dengan pedagang/pengusaha? Hal itu bisa disesuaikan karena terdapat juga pilihan untuk pedagang/pengusaha.
  9. Kita lanjut dengan data lainnya yang harus di isi, apa saja isinya? Kita bisa memilih jenis kartu debit yang mau kita gunakan.

Ternyata ada 9 langkah yang harus kita lalui dan ini menjadi tidak panjang ketika kita berhadapan dengan e-form yang sebenarnya.

Keuntungan membuka rekening online menggunakan eform

Apa saja keuntungan yang kita dapatkan ketika membuat rekening online dengan menggunakan e-form ini?

  1. Hemat waktu karena kita tidak mengisi lagi Aplikasi pembukaan rekening ketika datang ke cabang. Tugas kita hanya mengambil kartu debit dan buku saja.
  2. Bisa pesan antrian, kita bisa menentukan kapan kita akan mengambil buku dan kartu serta menentukan dicabang mana mau mengambilnya.

Bagaiman teman – teman? Sudahkan mencoba untuk membuat tabungan online dengan menggunakan aplikasi e-from bank mandiri?

Terima kasih sudah berkunjung ke Ikirangga Blog. Semoga artikel yang saya share di sini berguna untuk kita semua. Teman – teman bisa bantu share artikel ini di media sosial supaya banyak orang yang tahu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *