Cara mudah cek ram smartphone android

Saya yakin bahwa semua orang jaman sekarang pasti mempunyai smartphone. Dari anak – anak hingga orang dewasa sudah bisa menggunakan smartphone terutama android. Dengan harga yang relative terjangkau untuk 1 unit smartphone, bisa unit baru atau unit second hand. Smartphone itu seperti layaknya laptop atau pc dalam ukuran kecil dan salah satu komponen yang berperan untuk proses adalah RAM (Random Access Memory). Bagaimana cara mudah untuk cek ram smartphone Android? Apakah ada cara khusus untuk cara mudah cek ram tersebut?

cara mudah cek ram pada smartphone android

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk melakukan pengecekan RAM di smartphone, bisa dengan cara manual ataupun dengan menggunakan aplikasi. Cara mana yang terbilang mudah dan nyaman? Itu kembali lagi pribadi masing – masing pengguna.

Pengertian RAM

Menurut artikel dari Wikipedia, RAM (Random Access Memory) adalah suatu bentuk dari memori komputer yang dapat dibaca dan diubah dalam urutan apa pun. Data yang berada di dalam RAM bersifat sementara dan tidak permanen.

Fungsi RAM

Seperti halnya pada laptop atau PC, fungsi RAM pada smartphone adalah untuk mempercepat pemeprosesan data. Jadi secara logika, semakin besar RAM yang dimiliki maka akan semakin cepat pula proses lalu lintas data pada smartphone. Hal ini bisa terjadi karena RAM menyediakan ruang penyimpanan sementara untuk program yang diakses.

Cara mudah cek RAM di smartphone

Cara yang biasa digunakan untuk melakukan cek ram yang ada di smartphone ada 2 yaitu secara manual dan menggunakan aplikasi atau software. Mana yang terbaik untuk cek ram di smartphone? Kita akan bahas satu per satu.

#1 Secara manual

Cara yang pertama adalah dengan cara manual, dengan hanya melihat dari menu pengaturan yang ada di smartphone android. Cara ini terbilang cukup mudah dan tidak memerlukan aplikasi tambahan sehingga tidak menambah beban storage yang ada di smartphone. Kita akan membahas Realme UI dan AOSP UI yang kebetulan saya gunakan.

1. Realme UI

Ini hanya berlaku untuk smartphone yang menggunakan Realme UI. Tentu saja smartphone keluaran dari perusahaan Realme, seperti Realme XT, Realme X dan lain – lain.

  1. Sekarang saya asumsikan teman – teman sudah memegang semua smartphone Realme XT di tangan. Mengapa harus Realme XT? Karena kita sedang membahas smartphone ini.
  2. Kita menuju ke aplikasi Setting atau Pengaturan yang ada di smartphone masing – masing. Setelah itu klik menu About Phone atau Tentang Ponsel dan kita akan melihat secara langsung berapa jumlah RAM yang ada di smartphone android.

Untuk Realme UI, tidak hanya informasi RAM yang akan tampilan pada About Phone, kita akan melihat informasi lainnya seperti Nama Device, versi Android, Prosesor, Device Storage, dan masih banyak lagi.

2. AOSP (Android Open Source Project) UI

Ini adalah sebuah User Interface (UI) yang menggunakan Android murni. Apa maksudnya? Smartphone menggunakan tampilan yang berasal dari Google dan tidak mengalami modifikasi dari pihak lainnya. Contohnya smartphone yang menggunakannya adalah Google Pixel, Mi A2 Lite, dan masih banyak lagi. Ada perbedaan cara manual untuk melihat jumlah ram pada smartphone untuk AOSP ini.

  1. Di sini saya menggunakan Google Pixel 2 XL untuk contohnya. Buka pada menu Setting atau Pengaturan kemudian kita buka About Phone atau Tentang Ponsel.
  2. Geser hingga kita menemukan tulisan Build Number kemudian ketuk hingga 5 kali atau sampai ada tulisan “No need, you’re already a developer”.
  3. Kemudian buka System dan temukan menu Advance lalu kita buka menu tersebut. Kita akan melihat sebuah menu bernama “Developer Options”.
  4. Kita buka menu “Developer Options” dan temukan menu lain yaitu “Running Service” dan buka menu tersebut. Kita akan melihat jumlah RAM yang terdapat pada smartphone kita dengan cara menjumlahkan System + Apps + Free.

#2 Menggunakan aplikasi

Cara yang kedua adalah dengan menggunakan aplikasi yang harus diinstall ke smartphone. Aplikasi ini akan membaca semua spesifikasi yang ada di smartphone android. Aplikasi apa saja yang bisa kita gunakan? Ada beberapa aplikasi yang bisa digunakan seperti CPU-Z, Aida64 dan masih banyak lagi. Dengan menggunakan aplikasi ini kita tidak hanya bisa melihat Realme XT atau Google Pixel tapi juga bisa untuk smartphone merk lainnya. Jika teman – teman ada rekomendasi aplikasi yang lain, bisa beritahu di kolom komentar ya.

  1. Pertama kita harus install salah satu aplikasi untuk membaca spesifikasi smartphone android. Pada saat ini, kita menggunakan CPU-Z untuk aplikasi yang membaca spesifikasi smartphone. Install aplikasi tersebut di smartphone Android yang kita miliki.menggunakan cpu-z di smartphone android
  2. Setelah terinstall aplikasi CPU-Z, sekarang buka aplikasi tersebut dan buka tab Device. Kita akan melihat total RAM yang tersedia untuk smartphone yang kita miliki.cara mudah cek total ram di smartphone android

Bagaimana teman – teman? Cara mana yang akan teman – teman pilih untuk memudahkan melakukan cek ram pada smartphone android? Jika saya lebih memilih cara yang manual untuk cek ram karena tidak perlu install program tambahan. Apa pun pilihannya tujuannya adalah untuk melihat RAM yang ada di smartphone Android.

Terima kasih sudah berkunjung ke Ikirangga Blog. Semoga artikel yang saya bagikan di blog ini bermanfaat untuk kita semua. Teman – teman bisa bantu untuk share di media sosial supaya semua orang tahu tentang artikel ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *