Cara mengirim pesan terjadwal pada Whatsapp

Selamat pagi teman – teman, semoga dalam keadaa sehat semua ya hari ini. Hari ini kita akan membahas tentang cara mengirim pesan terjadwal pada Whatsapp. Apakah bisa kita mengirimkan pesan tersebut? Tentu saja bisa. Karena Whatsapp belum memiliki fitur ini maka kita menggunakan bantuan dari aplikasi pihak ketiga. Apakah ada aplikasi yang seperti itu? Tentu saja ada dan buktinya saya menuliskan untuk tutorialnya pada pembahasan kali ini :D.

cara kirim pesan terjadal dari Whatsapp

Aplikasi yang dimaksud adalah SKEDit. Dengan menggunakan aplikasi SKEDit kita bisa mengatur pesan apa saja, bisa sms, telephone dan tentu saja Whatsapp. Tentu ini akan menghemat waktu dan memudahkan kita yang kadang menghandle banyak pekerjaan. Misalnya kita perlu mengirimkan file gambar pada hari senin tanggal 1 Juni 2020, dari sekarang kita sudah bisa mengatur waktu pengirimannya.

Apakah makna mengirim pesan terjadwal ?

Seperti yang telah kita singgung sedikit tadi bahwa pesan terjadwal adalah pesan yang telah kita rencanakan untuk dikirim pada waktu tertentu (tanggal dan jam pengiriman). Kita bisa memilih pesan text ataupun pesan bergambar untuk dijadwalkan pengirimannya.

Syarat menggunakan SKEDit

Sama seperti aplikasi lain yang mau kita gunakan di smartphone Android, SKEDit menetapkan syarat untuk bisa digunakan.

  1. Android 4.4 atau yang terbaru
  2. Storage berukuran lebih dari 17 MB, mengapa? Karena aplikasi ini berukuran 17 MB dan jika kurang storage kita maka tidak akan bisa menggunakan SKEDit.

Sehingga dengan memenuhi syarat tersebut kita bisa menjalankan aplikasi SKEDit mengirimkan pesan terjadwal di Whatsapp.

Cara mengirim pesan terjadwal menggunakan SKEDit

Pada tahap ini saya bagi menjadi 2 langkah yaitu periapan dan langkah eksekusi, mengapa? Saya anggap teman – teman belum install aplikasi SKEDit di smartphone Android.

Persiapan

  1. Pertama kali tentu saja kita harus install aplikasi SKEDit di smartphone Android yang kita punya.
  2. Lakukan registrasi untuk bisa mengakses aplikasi SKEDit ini, dalam hal ini saya langsung menggunakan akun facebook saja supaya cepat.
  3. Setelah itu kita akan disuguhkan halaman depan dari aplikasi ini. Ada beberapa pilihan aplikasi yang bisa untuk menerapkan SKEDit yaitu SMS, Call, Email dan Whatsapp.
  4. Sekarang kita pilih Whatsapp dan akan muncul pop-up untuk mengizinkan aplikasi SKEDit membaca contact yang ada di smartphone Android kita lalu pilih saja Allow.

Langkah Eksekusi

  1. Sekarang kita pilih lagi Whatsapp, sebagai informasi bahwa SKEDit mendukung untuk Whatsapp biasa dan Whatsapp Business. Dalam hal ini saya menggunakan Whatsapp biasa dan bukan business.kirim pesan terjadwal dengan menggunakan SKEDit
  2. Pada bagian dalam pilihan kita tadi, kita bisa memasukkan contact Whatsapp orang yang akan kita kirim lalu kita bisa menuliskan pesan atau kirim gambar dan mengatur kapan pesan tersebut akan dikirimkan. Pengaturan ini mulai dari tanggal dan jam kapan pesan tersebut akan dikirim.kirim whatsapp menggunakan SKEDit
  3. Yang menarik adalah kita bisa membuat schedule atau jadwal mengirim pesan ini bisa dilakukan secara berulang atau tidak.  Jika kita orang yang berjualan dan ingin mengingatkan customer kita maka kita bisa memilih yang berulang.

Cocok buat siapa aplikasi ini?

Jika kita melihat dari fitur yang sudah saya bahas secara singkat tadi maka aplikasi ini berguna banget untuk beberapa kategori orang.

#1 Orang biasa

Artinya dalam golongan ini, orang yang tidak sibuk dan sebenarnya masih bisa menggunakan cara manual untuk mengirimkan pesan. Namun ada saat – saat yang sibuk (tapi sekali – sekali saja sibuknya), orang biasa bisa menggunakan fitur pada aplikasi SKEDit.

#2 Orang dengan jadwal yang padat

Nah untuk orang golongan ini memang sangat butuh fitur yang disediakan oleh SKEDit. Mungkin akan menggunakan semua fitur dan tidak hanya Whatsapp saja, bisa email, sms dan telephone.

#3 Orang jualan

Pada golongan ini tentu saja aplikasi SKEDit berguna untuk menunjang marketing jualannya. Sebagai contohnya untuk mengabari pelanggan jika ada promo.

Kesimpulannya

Jadi aplikasi ini cocok untuk digunakan oleh siapa saja, tidak harus orang yang sibuk atau jualan saja. Jika kita membutuhkan untuk mengirimkan pesan tanpa perlu memikirkan kapan harus mengirimkannya. Sebagai contoh sudah dapat pesan dari bos untuk mengirimkan dokumen sebelum jam 09.00 pagi setiap hari kamis.

Terima kasih sudah berkunjung ke Ikirangga Blog. Semoga artikel yang saya bagikan di sini bermanfaat untuk kita semua. Teman – teman juga bisa bantu share artikel ini supaya lebih banyak lagi orang yang tahu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *