Cara menggunakan mock location pada smartphone Android

Moack location atau lokasi tiruan merupakan salah satu fitur bawaan dari smartphone Android yang mungkin masih jarang orang tahu. Mengapa demikian? Karena lokasinya yang tersembunyi ada di dalam fitur developer dan saya yakin tidak semua orang mengaktifkan fitur developer. Sebenarnya bagaimana cara menggunakan mock location ini? Apakah ada cara – cara yang khusus?

menggunakan mock location di smartphone android

Pertanyaan – pertanyaan di atas sungguh akan menggugah di hati pengguna smartphone Android. Secara garis besarnya, dengan menggunakan mock location teman – teman bisa memanipulasi titik gps dari lokasi teman – teman berada. Apakah ada kata lain yang sederhana? Ada, sederhananya adalah fake location atau lokasi palsu alias lokasi yang tidak sebenarnya. Apakah fitur ini berdiri sendiri untuk menentukan fake location atau lokasi palsu tadi? Sepengetahuan saya, fitur ini membutuhkan aplikasi tambahan yang bernama fake gps yang membantu menentukan koordinat palsu yang kita inginkan.

Cara menggunakan mock location

Teman – teman sudah melihat penjelasan singkat tentang mock location dan sekarang kita akan membahas cara mengaktifkan fitur ini. Ada beberapa langkah yang harus teman – teman lakukan untuk mengaktifkan mock location ini di smartphone Android.

  1. Sebelumnya saya pastikan teman – teman sudah mengaktifkan fitur Developer options di smartphone Android. Mengapa? Karena fitur ini berada di dalam Developer options. Jika belum, teman – teman harus mengaktifkan fitur Developer options ini.
  2. Sekarang kita install aplikasi fake gps yang nantinya akan menjadi partner dari Mock Location. Cari di Google Play Store dengan keyword fake gps atau jika tidak mau mencari bisa langsung klik dari link yang sudah saya bagikan.
  3. Sekarang kita balik lagi ke Developer options untuk melihat fitur mock location, setelah ketemu fitur ini, teman – teman akan langsung di suruh untuk memilih aplikasi fake gps. Pilih aplikasi fake gps yang sudah kita install tadi dan sekarang mock location sudah memiliki partner yaitu fake gps.cara pasang fake gps di smartphone android

Pengujian mock location

  1. Saatnya kita melakukan pengujian, buka aplikasi fake gps dan tentukan di mana titik gps yang akan pilih misalnya sekarang saya di dumai, riau dan saya memilih titik fake gps itu di jakarta, di dekat monas.
  2. Sekarang kita buka aplikasi Whatsapp dan coba untuk share location. Apa yang terjadi? Ternyata lokasi kita memang benar – benar di dekat monas.

Pengujian yang sudah kita lakukan berarti sudah berhasil. Teman – teman juga bisa mencobanya di rumah masing – masing dan share di kolom komentar.

Fungsi fake GPS pada mock location

Nah tadi kita sudah cerita bagaimana cara menggunakan fake gps dan bagaimana menerapkannya bersama mock location, sepertinya ada yang kurang. Apa sih yang kurang mas Rangga? Sebenarnya apa sih fungsi kita menggunakan fake GPS ini?

#1 Menyembunyikan lokasi sebenarnya dari pemilik smartphone Android

Mungkin dia adalah seorang artis atau orang terkenal yang keberadaannya selalu menyita perhatian khalayak ramai. Artis memang menjadi sasaran para pemburu berita, misal dia mau tenang liburan, mungkin dia akan share location di IG bahwa sedang berada di paris padahal dia pergi ke jakarta.

#2 Ingin mengetahui makanan yang sedang promo di daerah lain

Ini pernah saya lakukan ketika saya iseng ingin mengetahui, apakah promo yang sedanga ada di jakarta. Saya aktifkan fake GPS lalu saya membuka aplikasi Gojek dan bisa melihat merchant apa saja yang sedang ada promo. Ketika kita sedang menggunakan fake GPS secara otomatis koordinat gps akan mengikuti fake GPS.

#3 Survey tempat makan yang ada di kota lain

Selain mengandalkan Google untuk searching tempat makanan, kita juga bisa memanfaatkan tempat makanan yang sedang viral di kota lain. Apakah makanan tersebut sudah ada di aplikasi Gojek atau Grab? Nah ini bisa kita intip juga ketika menggunakan fake GPS.

Itu dia cara menggunakan mock location yang di smartphone Android sehingga bisa menggunakan fake GPS secara optimal. Selain itu ada juga kegunaan yang positif ketika menggunakan fake GPS.

Terima kasih sudah berkunjung ke Ikirangga Blog. Semoga artikel yang saya bagikan bisa bermanfaat untuk kita semua. Teman – teman juga bisa bantu untuk share supaya lebih banyak lagi orang yang tahu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *