Remote desktop client menggunakan Team Viewer

Mengendalikan computer dari belahan daerah yang berbeda dengan tempat kita tinggal, mungkinkah? Jika kita berbicara hal ini di tahun 50-an mungkin kita akan dikatakan gila dan tidak masuk akal. Mengapa? Bagaimana mungkin kita bisa menggerakkan kursor dan mouse kepunyaan teman kita yang tinggal di Belanda sedangkan kita tinggal di Indonesia. Itu sangat tidak masuk di akal. Kita akan memperkenalkan sebuah software Team Viewer yang berfungsi untuk remote desktop client.

remote dekstop client menggunakan team viewer

Untuk saat ini kita bisa melakukan remote tersebut dengan menggunakan Team Viewer.  Jadi ini bisa berguna untuk teman Рteman yang berada di bagian IT di kantor atau yang mempunyai usaha dan client butuh support dari jarak jauh. Tentu saja ini akan membuat mudah pekerjaan kita dan tidak harus datang ke tempat client jika bisa dikerjakan dari jauh.

Team Viewer mengatakan bahwa aplikasi mereka telah digunakan lebih dari 2 juta pengguna aktif. Ini merupakan suatu pencapaian yang mengembirakan. Untuk diketahui bahwa aplikasi ini terdiri dari 2 jenis yaitu versi free atau gratis dan versi berbayar.

Fitur yang disediakan untuk remote desktop client

Berikut ini adalah beberapa fitur yang dimiliki oleh Team Viewer dan menurut saya ini penting untuk kita bahas. Mari kita bahas fitur yang kita anggap penting tersebut.

#1 Remote device control

Ini berarti bahwa kita bisa melakukan remote perangkat Windows, Android, macOS atau yang lainnya tanpa harus berada di depan perangkat tersebut.

#2 Cross platform access

Team viewer tersedia untuk hampir semua platform yang ada di dunia ini, mulai dari Windows, Android, macOS dan masih banyak lagi. Artinya aplikasi ini bisa kita gunakan hampir disemua computer atau device client.

#3 Wake up, restart dan install

Dengan menggunakan team viewer, kita bisa membangunkan komputer client yang sedang sleep atau kita bisa restart komputer tersebut. Selain dari 2 fungsi tersebut, dengan remote desktop kita bisa juga install aplikasi di komputer client.

#4 Support oleh banyak bahasa

Tidak hanya bahasa inggris yang dimiliki oleh Team Viewer. Mereka mengatakan bahwa aplikasi ini telah didukung sebanyak 30 bahasa di dunia.

#5 Flexible file sharing

Dengan menggunakan Team Viewer, kita tidak hanya melakukan remote desktop saja tapi kita bisa melakukan hal yang lain. Hal lain yang bisa kita lakukan misal adalah file sharing dengan cara upload ke desktop client. Misalnya computer client membutuhkan file 7Zip dan kita punya di komputer, kita bisa share software 7Zip tersebut.

#6 Remote printing

Selain berbagi atau file sharing, dengan menggunakan Team Viewer kita bisa juga melakukan remote printing. Kita bisa print dokumen yang berada di komputer kita tapi melakukan print di printer yang tersambung di komputer client.

Setidaknya fitur yang kita jelaskan tadi masih bisa kita dapatkan ketika menggunakan versi gratis dari aplikasi Team Viewer ini. Masih banyak lagi fitur yang bisa kita gunakan dengan menggunakan lisensi corporate seperti untuk meeting dan lain sebagainya.

Dimana mendapatkan aplikasi Team Viewer?

Untuk aplikasi Team Viewer ini bisa didownload dari website resminya. Kita bisa berdasarkan perangkat yang kita pakai, bisa Windows, macOS, Android, Raspberry dan masih banyak lagi. Pokoknya tidak repot jika kita menggunakan Team Viewer lalu pilihlah yang gratis untuk penggunaan personal.

Bagaimana teman – teman sudah cukup jelaskan tentang fungsi dan informasi tentang Team Viewer?

Terima kasih sudah berkunjung di Ikirangga Blog. Semoga artikel yang saya bagikan berguna untuk kita semua. Teman – teman juga bisa bantu share artikle ini di media sosial supaya banyak orang yang tahu tentang artikel ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *