Cara mudah mengaktifkan trim di SSD Samsung Evo 850

Sekitar tahun lalu saya melakukan upgrade drive penyimpanan di MacBook Pro milik saya yaitu MacBook Pro Early 2011. Apa jenis drive storage yang saya gunakan? Sebelumnya saya menggunakan hardisk biasa yang digunakan kebanyakan orang lalu saya melakukan upgrade menggunakan SSD storage. Saya memilih SSD Samsung Evo 850 untuk dipasangkan dengan MacBook Pro Early 2011. Hal khusus yang harus dilakukan untuk pengguna SSD adalah mengatifkan trim. Bagaimana cara mudah mengaktifkan trim di SSD Samsung Evo 850?

ada sebuah cara mudah mengaktifkan trim ssd
Sumber: Freepik

Mengapa saya memilih Samsung Evo 850? Karena setelah saya melakukan pencarian tentang SSD ini, saya menemukan sebuah fakta bahwa SSD ini bandel. Bandel dalam artian mantap untuk dibuat kerja dan tidak gampang rewel dalam daily activity. Ada beberapa website yang menjadi refrensi saya untuk menentukan pilihan ini.

Apakah yang dimaksud dengan Trim?

Menurut jogja web, Trim adalah suatu sistem yang terdapat pada SSD yang bertugas untuk data yang tertulis di SSD adalah sebuah data baru. Sehingga ketika menghapus data lama maka Trim akan menghapusnya tanpa sampah yang tersisa. Dengan memiliki teknologi ini, setiap kali SSD menghapus data maka keadaanya akan tampak seperti baru lagi karena tanpa sampah file yang dihapus.

Wajibkah mengaktifkan Trim?

Jika teman – teman sudah melihat sisi baik dari fungsi Trim maka saya menyarankan untuk mengaktifkan fungsi ini. Ini akan berpengaruh terhadap kecepatan read and write pada sebuah SSD. Sebelum membeli SSD sebaiknya diperiksa terlebih dahulu apakah memiliki fungsi Trim atau tidak. Saya pernah membaca bahwa ada beberapa merk yang tidak memiliki fungsi Trim.

Menurut saya sangat wajib hal tersebut dilakukan, mengapa? Karena akan mengoptimalkan fungsi dari SSD tersebut dan juga akan mempengaruhi write and read-nya.

Cara mudah mengaktifkan Trim

Saya anggap di sini teman – teman sudah memiliki SSD yang sama dengan yang saya miliki yaitu Samsung Evo 860. Sebenarnya ada 2 cara untuk mengaktifkan Trim yaitu dengan menggunakan software dan yang kedua dengan cara manual. Untuk artikel kali ini, saya akan meunjukkan cara manual untuk mengaktfikan Trim di macOS.

  1. Pasang terlebih dahulu SSD tersebut di MacBook Pro kita dan lakukan install sistem operasi macOS, seperti macOS Mojave. Sistem operasi tidak harus Mojave, ini tergantung dari seri MacBook Pro yang kita punya.
  2. Setelah kita memasuki sistem operasi macOS yang sudah diinstall, sekarang kita buka aplikasi terminal. Ini dilakukan untuk menuliskan perintah mengaktifkan trim.salah satu cara untuk mengaktifkan trim dengan menuliskan perintah di terminal
  3. Sekarang kita bisa tuliskan perintah untuk melakukan pengaktifan Trim.
    sudo trimforce enable
  4. Setelah menlis perintah tersebut maka kita tekan enter dan kita akan disuruh untuk memasukkan password administrator. Konfirmasi akan dilakukan sebanyak 2 kali lalu MacBook Pro akan restart.trim force adalah salah satu rangkaian cara mudah mengaktifkan trim di ssd
  5. Sekarang Trim telah diaktfikan di Samsung SSD yang kita miliki.

Apakah cara ini hanya untuk SSD jenis ini?

Tentu saja tidak. Mengapa? Selama SSD tersebut support untuk menggunakan Trim maka cara di atas bisa kita terapkan untuk mengaktifkan Trim di macOS. Apapun merk dari SSD yang sudah teman – teman beli untuk dipasang di MacBook Pro.

Cara mudah mengetahui bahwa mengaktifkan trim berhasil

Sesuai dengan judul tersebut, kita telah mempraktekkan cara mudah mengaktifkan trim, bagaimana mengetahui cara tersebut berhasil? Ini adalah sebuah pertanyaan yang bagus dan wajib untuk ditanyakan. Kita bisa praktekan cara di bawah ini untuk mengetahuinya.

  1. Klik logo apple di taskbar di atas lalu pilih About This Mac. Setelah itu akan muncul sebuah pop-up yang menunjukkan jenis MacBook Pro dan sistem operasi apa yang kita gunakan.Dengan melihat dari About This Mac setelah melakukan cara mudah mengaktifkan trim di ssd yang kita pakai
  2. Kemudian klik System Report yang terdapat pada pop-up muncul seperti pada gambar di bawah ini.sekarang kita periksa menggunakan About This Mac
  3. Sekarang akan muncul jendela baru di desktop dan klik pada menu SATA/SATA Express. Karena saya menggunakan 2 jenis storage yaitu SSD dan Hardisk maka akan muncul 2 jenis. Klik pada Samsung SSD Evo 850 dan perhatikan pada keterangan di bawahnya. Kita akan melihat Trim Support : Yes.  Hal ini menunjukkan bahwa Trim telah berhasil diaktifkan pada SSD yang kita pasang.setelah melakukan cara mudah mengatifkan trim, kita akan melihat trim support di system report

Mudah bukan cara untuk mengaktifkan Trim di Samsung Evo 850 dan hanya dengan sedikit menggunakan printah di terminal. Tidak membutuhkan waktu yang lama untuk mengaktifkan Trim di SSD yang kita gunakan ini.

Terima kasih sudah mengunjungi Ikirangga Blog. Semoga artikel ini berguna untuk kita semua dan memberikan manfaat yang lebih. Teman – teman juga bisa bantu untuk share di media sosial yang dipunyai dengan tujuan manfaat ini tidak hanya berhenti di sini saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *