Cara mudah membuat Whatsapp Dark Mode

Whatsapp adalah sebuah aplikasi messenger yang terkenal di seluruh dunia bahkan di Indonesia. Ada sebuah rumor bahwa Whatsapp akan meluncurkan fitur Dark Mode. Akan tetapi kabar tersebut tidak kunjung datang. Apakah kita bisa merasakan fitur tersebut? Tentu saja bisa tetapi kita membutuhkan sebuah Whatsapp Mod.

Nama aplikasi Whatsapp Mod yang biasa dipakai adalah GB Whatsapp. Penggunaan aplikasi ini juga tidak kalah banyak dibanding pengguna Whatsapp Official. Hal apa yang membuat menarik untuk dicoba? Tentu saja fitur – fiturnya tersebut dan terutama fitur Dark Mode.

Membahas tentang fitur dark mode pada GB Whatsapp

Keistimewaan fitur dark mode

Apa sih yang membuat fitur dark mode ini menjadi idola dan istimewa ? Menurut saya ada 2 hal yang menyebabkan itu semua.

  1. Hemat baterai smartphone
  2. Melindungi mata dari cahaya layar smartphone

Mengapa demikian? Pertama, dengan menggunakan fitur dark mode secara otomatis penggunaan konsumsi baterai akan berkurang karena hanya warna hitam yang kita gunakan. Dampaknya baterai akan sedikit terkonsumsi oleh smartphone. Kedua, menurut saya untuk warna – warna yang terang tidak terlalu bagus untuk mata jika dilihat secara terus menerus. Ada kalanya mata ingin sesuatu yang menyejukkan walaupun tetap menatap layar smartphone. Dengan kata lain, mata tidak cepat lelah ketika kita menggunakan fungsi dark mode ini.

Bagaimana penerapannya di Whatsapp ?

Nah ini adalah sebuah pertanyaan yang menarik menurut saya. Seperti yang kita ketahui bahwa Whatsapp Official belum menyediakan fitur dark mode ini secara khusus. Seperti yang kita ketahui bahwa fungsi dark mode ini hadir di Android 10. Jadi ketika kita mengaktifkan fungsi dark mode  di Android 10 maka semua aplikasi akan terkena dampaknya.

Bagaimana dengan smartphone yang tidak kebagian Android 10? Tenang mas bro, kita masih bisa menggunakan dark mode untuk Whatsapp dengan menggunakan GB Whatsapp.

Apa itu GB Whatsapp? Itu adalah sebuah aplikasi Whatsapp tapi bukan Official. GB Whatsapp merupakan hasil modifikasi dari Whatsapp atau sering kita dengan sebagai Whatsapp Mod. Nah salah satu fitur dari GB Wahstapp ini yang akan kita gunakan untuk mengaktifkan fungsi dark mode.

Cara mengaktifkan fungsi dark mode di GB Whatsapp

Ini adalah hal yang kita tunggu – tunggu yaitu bagaiman cara mengaktifkan fitur dark mode ini. Teman – teman bisa mengikuti langkahnya secara berurutan untuk hasil yang maksimal :D.

#1 Install Dark Theme

Ini adalah langkah pertama yang harus kita lakukan yaitu melakukan install dark theme untuk mendapatkan dark mode. Ayo kita ikuti langkah – langkah berikut ini.

  1. Download dan Install terlebih dahulu GB Whatsapp di smartphone teman – teman karena ini adalah objek yang akan kita gunakan.
  2. Saya anggap teman – teman sudah melakukan installasi dan registrasi. Sekarang kita akan menuju ke bagian GB Setting karena di sinilah semuanya akan terjadi.Kita akan menuju GB Whatsapp Setting
  3. Setelah kita berada di GB Setting maka pilih opsi Themes dan kita akan menemukan banyak theme whatsapp. Sesuai dengan misi kita yaitu Whatsapp dark mode maka kita cari dark theme untuk GB Whatsapp.Kita bisa mencari GB Theme pada menu ini
  4. Setelah menemukan dark theme yang disukai maka pilih install untuk download. Setelah itu akan muncul pop-up untuk apply dark theme tersebut.saya memilih dark agcc untuk dark theme whatsapp
  5. Sekarang sudah terpasang dark theme untuk Whatsapp yang kita inginkan. Memang lebih kece untuk tampilan Dark Mode ini.sekarang sudah berhasil kita install dark theme whatsapp

#2 Mengganti wallpaper chat Whatsapp

Supaya keliatan lebih gahar dark mode-nya, kita akan mengganti wallpaper chat dengan menggunakan solid color wallpaper. Warna yang kita pilih tentu saja yang warna hitam supaya senada dengan dark theme GB Whastapp.

  1. Sekarang kita kembali memilih menu yang ada di GB Whatsapp dan memilih opsi Settinguntuk melakukan perubahan wallpaper.kita akan mengganti wallpaper chat whatsapp melalui menu setting
  2. Pilih Chat menu yang ada di dalam menu Setting dan di dalamnya kita akan menemukan 3 menu yaitu Wallpaper, Chat BackupdanChat History. Pilih Wallpaper lalu pilih solid color dan untuk pilihan warna hitam atau black.Sekarang kita akan mengganti Wallpaper chat di Whatsapp
  3. Kita sudah selesai untuk mengganti wallpaper chat yang ada di GB Whatsapp. Teman – teman bisa lihat tampilannya seperti dibawah ini.sekarang kita sudah mendapatkan tampilan dark mode

Sekarang kita sudah berhasil menggunakan Whatsapp Dark Mode dengan menggunakan dark theme yang ada di GB Whatsapp.

Terima kasih sudah mengunjungi ikirangga blog. Semoga artikel yang kita share di blog ini berguna dan memberikan manfaat untuk kita semua. Teman – teman juga bisa bantu share artikel di Facebook, Twitter, Whatsapp dan media sosial lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *